Selasa, 10 Juni 2014

Jelajah Surga nya pulau Sembilan Kotabaru Kalsel

Hm,, lagi2 membahas keindahan kotabaru… gak ada habis nya dari kemaren membahas pulau yang satu ini… karena bgitu banyak surga yang tersembunyi di kotabaru..
Auda memang bukan asli orang kotabaru,, tapi saya Nurul Auda, bangga tinggal dipulau yang eksotis ini,, kotabaru..
Sebelum nya gak pernah terpikir mau pergi ke pulau 9,, yang dipikiran auda itu cm mau trip selanjut nya adalah derawan, kakaban, sangalaki dan maratua..
Berawal dari ajakan teman di bbm, Fandi yang ngracunin auda buat ikut trip ke pulau 9…hahaa.. trip nya eksplore ke pulau 9 (Marabatuan, payung2n,denawan,matasiri,pamalikan) mampir juga ke tanjung kunyit, tanjung tengah dan teluk tamiang..
awal nya gak niat mau ikut,, tapi entah kenapa akhir ny berpikir “wah kayak nya rugi nih gak ikutan”.. Alhamdulillah kita sharing cost atau patungan,, jadi trip kali ini gak mahal2 bgt..
Auda bbm fandi bagaimana cara pembayaran nya,, dan dikasih lah no hp kak ferdy untuk melakukan pembayaran.. hari itu auda gak langsung hubungin kak ferdi utk melakukan pembayaran.. karna Berhubung yang ikut dari kotabaru Cuma auda sendiri,, berpikir deh “masa sih cuma sendirian brangkat pake motor,, beneran ikut gak yaa.. emank gua brani sendirian pke motor ke pagatan.cari teman dulu deh baru pastikan mau ikut atau engga” .. promosi lah di bbm dan sms teman2.. beberapa mau ikut,, tapi sayang nya bentrok dgn tanggal nya.. karna tour kita dari tanggal 23-27mei..
Ending nya,, tak ada yang bisa ikut.. dan auda Cuma sendirian dari kotabaru…jadi ragu deh mau ikutan..Ragu karena sendirian bawa motor ke pagatan.. rada sedikit trauma sih..
1 minggu yang ditunggu,, akhir nya tanggal 23mei juga..ba’da sholat jum’at,,  dengan bekal nekad, sekitar jam 2 auda berpamitan sama orang rumah untuk pergi ke pagatan sendirian dan tour ke pulau 9 sampe tanggal 27..

Akhir nya kami berangkat ber 14 orang menggunakan kapal yang lumayan besar,,dan ini kali pertama auda ketemu mereka, Cuma sama fandi dan Al yang auda sdah kenal sebelum nya..
Alhamdulillah mereka semua orang nya baik2 dan welcome..
Trip pertama ke Marabatuan,, huft bayangkan deh 8 jam terombang ambing dikapal menuju marabatuan,, auda pikir gak bakal mabuk laut,, eh ternyata diluar dugaan.. auda malah sangat sangat mabuk  laut.. sekitar jam 10 lewat kita tiba di Marabatuan, ini kali pertama auda nginjakkan kaki ke pulau 9..  perut sudah keroncongan, tapi gak enak rasa nya mau makan setelah habis muntah beberapa kali.. sudah nginjak daratan, tapi serasa masih berada dikapal..

Foto bareng bolang2 di marabatuan

Ternyata tgl 26 ada pesta pantai disini

Kita disambut baik disini,, semua orang welcome dengan kita,,syukurlah…
Beristirahat sebentar di pulau ini,, siang nya kita lanjut ke pulau denawan dan payung2an yang jarak nya skitar 20-30menit dari pulau ini..

ini dia terumbu karang yang ada di pulau payung2n

Di 2 pulau ini teman2 pada snorkeling tapi auda gak ikutan… hihiii
Pertama karena auda gak bisa berenang, padahal sdah tersedia jaket pelampung dan alat snorkeling, ke 2 karna auda masih mual banget…masih mabok laut..
Untuk foto2 terumbu karang nya, auda sudah izin sama om eko untuk ngambil foto nya dan ditaro di blog..trimakasih om eko

Sore nya kita balik ke marabatuan dan nginap disana.. di pertengahan jembatan kita bertemu pa Hasbi dan disuruh nginap dirumah beliau.. karna sebelum nya kita disuruh nginap di kantor kepala desa, akhir nya kita pilih nginap disini..

Besok pagi nya perjalanan kita lanjut ke Matasiri.. oya sebelum ke Matasirih, kita semua minum obat anti Malaria..kata nya disana itu bahaya banget Nyamuk nya.. kata pa Hasbi (penduduk di Marabatuan) disana itu nyamuk terganas no 2 didunia… BAYANGKAN  !! di DUNIA broooo !! parah banget…dan kebetulan beberapa hari yg lalu, auda lupa tepat ny tnggal berapa,, auda menghadiri seminar di Grand Surya tentang kesehatan yang ada dikotabaru,pada sesi pertanyaan auda langsung tanya tuh kekepala dinas kesehatan tentang nyamuk di matasirih, ternyata  dsna memang benar nyamuk nya ganas banget, dan nyamuk jenis ini cuma ada satu-satu nya diindonesia.. waw.. tapi tidak benar kalau ini nyamuk terganas no 2 didunia.. hihii :D
dan disana juga gak boleh tidur pagi, karna cahaya matahari bisa tembus kesana skitar jam 11 lewat..dari Marabatuan ke Matasiri sekitar 3 jam..

Sebagian teman2 snorkeling disini dan lagi2 auda copas foto terumbu karang punya om eko.. tapi auda sdah minta izin ya

Untung nya kita gak masuk kesana karena kapal juga gak bisa nyandar kesana.. o iya,, ini dia kapal yang membawa kita keliling pulau 9

Dari Matasiri kita lanjut ke Pamalikan, sekitar 20-30 menit dari Matasiri..
Saat liat pertama kali pulau ini,, Subhanallah Maha Suci Allah yang telah menciptakan salah satu surga dunia di kotabaru….kereeeen banget..
Sebenar nya Pulau Pamalikan ini memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi obyek wisata bahari.
Ternyata disni juga menjadi tempat berkembangbiaknya penyu

Disini auda snorkeling.. sumpah keren bgt ini pulau dan sayang banget kalo auda gak ikut snorkeling..
Ternyata jarak dari kapal menuju pantai lumayan jauh banget,, karena kapal gak bisa nyandar dipulau.terimakasih buat semua nya yang sudah bantu auda disini :)

Sore nya kita balik lagi ke marabatuan untuk nginap kembali 1 malam disini.. tapi malam ini kita nginap di rumah pa hasbi.. terimakasih banyak pa sudah izinkan kami nginap dirumah bapa..
Besok pagi nya hujan mulai turun,, dibayangan auda seperti nya ombak bakal besar nih,, karena pagi itu juga kita langsung menuju Tanjung kunyit.. dan benar saja,, ombak agak besar dan perut mulai mual… seperti nya bakal mabok laut lagi.. tapi untung nya mata auda mau bersahabat untuk bisa tidur dikapal…
Sekitar 4 jam lebih kami terombang ambing dan akhir nya tiba juga di Tanjung kunyit..
Di tanjung kunyit kita mampir ke tempat pa Ismail, mampir sebentar dan kita lanjut ke tracking ke Mercusuar tanjung kunyit.. sekitar 25-30 menit kita naik gunung,, akhir nya sampe juga di Mercusuar nya.. ini kali ke 2 auda ke mercusuar dan kali ke 3 ke tanjung kunyit..

Sore nya kita mampir ke tanjung tengah dan kita snorkeling disini..waktu kita snorkeling disini,, air nya cukup dangkal.. hingga kita harus berhati2 agar tidak terinjak terumbu karang nya
 foto terumbu karang ini dari om eko juga

Besok pagi trip terakhir kita,, yap gak terasa sudah tanggal 27 mei.. dan trip terakhir kita yaitu teluk tamiang.. ini kali ke 5 auda ke teluk tamiang dan postingan tentang teluk tamiang juga sudah auda bahas di postingan sebelum nya.. jadi disini auda gak bahas lagi yaa..
Saat nya kembali ke pagatan,, yeah menempuh perjalanan krang lebih 5 jam lagi… dan syukur nya laut tenang jadi auda gak mabuk laut deh.. alhamdulillah
Tiba di dermaga pagatan skitar jam 17.30 dan waktu nya kita berpisah.. terimakasih banyak teman2 semua.. semoga kita bisa bertemu kembali di tour selanjut nya
Terimakasih berat dan sebanyak2 nya buat Allah yang sudah menjaga kita semua dalam perjalanan..Alhamdulillah kita semua bisa kembali dengan selamat sampai tujuan.. besok pagi nya auda balik kekotabaru…
tunggu postingan auda selanjut nya yaa.. hihii :)