Rabu, 04 Juni 2014

Menikmati eksotis nya Teluk Tamiang,Tanjung Kunyit dan Pulau cinta

1 tahun tidak menulis blog,, huft,,lama juga yah… dikarenakan auda bnyak kerjaan dan jarang wisata lagi.. padahal banyak email masuk yang Tanya auda kapan wisata lagi ? hihiii.. auda banyak kerjaan, maklum wanita karir… pengen punya usaha sukses di usia muda dan bisa bikin bangga orang tua.. aamiin.. 
Sebenar nya wisata sih masih tetap,, karna beberapa email masuk yang ingin agar auda menjadi guide saat mereka wisata di kotabaru… dan karna auda tuan rumah yang baik, pasti auda temenin jika waktu nya tidak bentrok dg waktu auda..ada yang dari Jakarta, solo, banjarbaru, Banjarmasin, pelaihari, dll…

Karna banyak yang menunggu tempat terbaru yang auda kunjungin, ini saat nya auda menyambung postingan sebelum nya tentang wisata kotabaru
Wokeh kita bahas teluk tamiang dulu
Sebenar nya teluk tamiang sudah ada dalam postingan blog auda yang di wisata kotabaru
Tapi auda pengen bahas lagi, karna tak kan pernah bosan mambahas pulau seindah ini bagi para pecinta wisata atau traveler dan para backpacker..
Tak disangka di kotabaru ada teluk seindah ini..
Untuk pergi ke Teluk Tamiang,kita bisa menggunakan perjalanan darat dan laut. Jika perjalanan dr darat, dari kota mana pun, kalian wajib ke tanjung serdang dulu.. dari tanjung serdang menuju lontar sekitar 73km.. dan dari lontar menuju teluk tamiang skitar  setengah jam lgi…
Jika dari laut, mungkin hanya kurang lebih 3 jam jika kalian menggunakan kapal dari batulicin..
Tapi jika kalian backpacker sejati, wajib lewat darat.. karna backpacker sejati itu suka tantangan dan mencari solusi perjalanan yg murah. bayangkan berapa budget sewa kpal dari batulicin ke teluk tamiang, 1jt lebih..dibandingkan lewat darat, kalian hanya membayar karcis feri + bensin.. ga nyampe 100rb smua nya jk kalian menggunakan motor..
tibalah waktu yang ditunggu-tunggu,,20 februari 2014,, saat nya brangkat ke teluk tamiang.. auda bersama sahabat berangkat jam 12 siang dari rumah bersama Mia (motor  tercinta auda).untung nya sekarang jalanan dari kotabaru menuju tanjung serdang muluuuus bgt.. walau gak semulus paha cherry bell.. hahaaa… cm sedikit jalanan yang rusak,, gag kaya dulu…
tiba ke tanjung serdang jam 1 siang, sesampai di tanjung serdang, kita ber 2 tidak langsung cuuuz lontar, karna harus menunggu kedatangan teman2 dari pelaihari dulu…sambil menunggu, ishoma dulu.. Istirahat, Sholat, Makan.. Teng nunggu jam 2 belum tiba.. tut ..tut..tut.. ternyata dapat sms kalau mereka habis kebocoran ban, jadi datanag telat…hm tak apalah, sambil istirahat mempersiapkan tenaga yang ekstra menuju lontar… jangan kalian kira jalanan menuju lontar itu muluuuus ya,, tapi malah sebalik nya..Su to the Ram, alias suram..  jam 3 lewat, yang ditunggu2 datang juga…akhir nya fix ber 8 kami menuju lontar..
separo jalan masih bisa menikmati aspal yang lumayan lah, walau masih banyak jalanan yang berlubang dan batu2.. dan saat tiba di daerah semaras, saat nya mengucapkan selamat datang kubangan lumpur…
ini dia yang menguji adrenalin sehingga kita harus jeli memilih jalan agar tidak terperosok dan terjebak dalam kubangan lumpur..
selamat menikmati pemandangan kubangan lumpur ini sobat




Bagaimana menurut kalian jalan nya ? melalui kubangan lumpur ini hampir sepanjang jalan dari semaras sampe ke lontar..
Berangkat jam 3 lewat, akhir nya kita tiba di teluk tamiang skitar jam 08.30 malam
Sesampai nya di Teluk Tamiang, tiba lah di Tempat Pak H.Sulaiman.. kami disambut dengan sangat baik disana.. senang nyaa..pa H.Sulaiman ini mantan kepala desa teluk tamiang.. beliau begituuu ramah..dan beliau lah yang menyuruh kami untuk menginap dirumah beliau.. tidur ber 8 di loteng pa H. Sulaiman itu sesuatu banget,sesuatu panas nya,sesuatu berdesakan tidur ber 3 dalam 1 ranjang,sesuatu dengar ada yang ngigau tengah malam.. hahaa.. tapi itu seru nyaaa.. 
Pagi hari di Desa Teluk Tamiang,,, tibalah menuju pantai teluk tamiang…saat nginjakkin kaki di pantai, Subhanallah ciptaan Allah begitu indah nya,, salah satu surga nya backpacker ada disini, yap diteluk tamiang.. selamat menikmati foto2 kita diiteluk tamiang yaaa…
Saran : bawa tisu gih, nanti ngiler lagi pengen kesini liat foto2 kita smua
Sumber aditraveller.blogspot.com





















Siang nya, setelah ba’da sholat jum’at, pa Sulaiman menawarkan untuk kami agar ke Tanjung Kunyit dan menginap dsna, wew asyik nih .. Beliau juga menawarkan untuk pergi dgn kapal punya beliau dan kita Cuma ganti bbm kapal punya beliau.. dan akhir nya kita setuju pake banget untuk nginap di tanjung  kunyit… packing deeeeh… yuhuuuu
Dari rumah menuju dermaga Cuma jalan kaki sebentar, kurang lbih 10 menit…
Jepret sebelum brangkat dulu yaa biar selalu eksis











Kurang lebih setengah jam perjalanan dari dermaga teluk tamiang menuju tanjung kunyit

Inilah pa Sulaiman yang paling ganteng  bersama anak beliau






















Welcome Tanjung Kunyit












Waaah pasir nya putih juga,gak kalah keren sama teluk tamiang.. disinipun ada terumbu karang nya , memank kotabaru itu mantap  banget yaa.. dmna mana banyak trumbu karang nya..
Kesempatan buat teman2  yg lain pada snorkeling nih, sayang auda tak bisa berenang.. jadi tidak ikutan deh..














Sambil nunggu yang lain pada snorkling, auda dan teman jalan2 bersama anak2 tanjung kunyit menuju sekolah mereka












Skitar jam 5 sore, tujuan kita berikut nya ke mercusuar yang berada di tanjung kunyit.. jalan menuju mercusuar  penuuuh perjuangan,, hahaaa.. sedikit lebay deh,,itu karna jalanan nya naik naik kepuncak gunung,,dan auda tidak terbiasa naik mendaki gunung… jadi ngos2an abiiis..















Setengah jam lebih mendaki gunung dan akhir ny,, taraaaaaa mercusuar nya keyeeeeen banget + bonus pemandangan dibawah dan nginap di villa buatan belanda…  capek nya ilaaaaang seketika…

















Ini kali pertama auda naik suar, rasa nya blester, campur aduk, antara deg2’n takut jatuh dan penasaran pengen liat ke bawah dari atas suar, bayangin kalau auda jatuh, bakal jadi perkedel deh..
Pemandangan diatas suar
















Nginap  di villa buatan belanda itu sesuatu banget,, dari tidur beralaskan selimut, itu untuk auda dan ka nilam, untuk cowo nya beralaskan lantai yang empuuuuk bgt ditambah alunan suara tokek yang merdu nya tak terkira…skitar jam 11 lampu juga udah mati.. dan untuk mengisi perut yang sudah keroncongan, teman2 membuat api unggun untuk masak air, mie , dan ikan bakar.. diantara semua nya, menu ikan bakar lah yang paling special, karna masih lengkap dengan perut2 ikan,empedu,dll nya dan cara pembakaran nya pun seperti bikin sate tanpa bumbu sedikitpun.. special bukan karna soal rasa, tapi perjuangan membuat nya…


























besok pagi nya kita balik ke teluk tamiang dijemput pak sulaiman.. saat dilaut, setengah perjalanan kita mampir di keramba ikan kerapu












ba’da dzuhur kita pamit untuk nginap di lontar, dirumah nya kak husein..selamat tinggal teluk tamiang.. hiks hiks
sesampai dilontar,karna takut kesorean,, kita langsung cuuuuz Pulau Cinta .. untuk kepulau cinta kita harus ke dermaga tanjung lalak dulu untuk menyewa kapal yang akan mengantarkan kita ke pulau cinta..
sebelum ke tanjung lalak, kita smua mampir ke Pantai Saranjana… whaaaaaaat Saranjana ???
Saranjana itu sebuah kota ghaib yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat kotabaru, bahkan sejak dulu orang mengetahui ke ghaiban kota tersebut… banyak sekali cerita mistis yang kita dengar tentang kota tersebut..
Pa Sulaiman juga pernah bercerita bahwa kakek beliau sudah lama hilang dan diambil oleh orang2 Saranjana untuk dijadikan Imam Masjid disana..
Pernah juga pejabat pemda kotabaru menerima tamu dari Jakarta yang ingin mengantarkan pesanan alat berat dgn tujuan Saranjana-Kotabaru namun tidak ada tempat yang detail untuk mengantarkan pesanan tersebut. Sementara Pemda pun tidak pernah sama sekali memesan alat berat,., sementara biaya pemesanan sudah dibayar Lunas. Yang diyakini hal tersebut dilakukan oleh orang saranjana..
Orang Kotabaru berpendapat kota saranjana adalah kota yang indah dengan penduduk yang cantik dan gagah yang kata nya siapa yang masuk kealam nya orang tersebut tidak ingin pulang karena takjub dengan kota nya serta penduduk nya yang ramah-ramah..
Dan masih banyak cerita yang lain nya yang tak bisa auda tuliskan disini,, takut kepanjangan,, nanti pada bosan lagi bacanya.. hehee

Tepat dibelakang kami ini lah gunung saranjana













Rada takut juga sih waktu kesini.maka nya kami tak ingin berlama2 disini… setelah merasa cukup berada disini, kita langsung balik menuju dermaga tanjung lalak untuk menyewa kapal yang akan membawa kami ke pulau cinta.. sebenar nya pulau cinta sudah auda bahas juga dipostingan  blog auda sebelum nya.. buat para pecinta snorkeling, pulau cinta ini wajib buat kalian kunjungin..





























Ini lah wisata terakhir kita … besok nya jam 8 pagi kita balik ke tanjung serdang, huft menikmati kubangan lumpur kembali .. tapi tiba di batu ladung mampir sebentar untuk fotofoto












tiba ke tanjung serdang jam 12 siang.. auda dan ka nilam langsung balik kekotabaru dan teman2 yang lain nya langsung balik ke pelaihari, martapura dan banjarbaru..
Good bye teman2,, sampe bertemu di tour selanjut nya…

zaijian

18 komentar:

  1. Hehee.. trnyta tongsis sangat berguna di bwa ksna..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaka bagi no wa donk... Aq mau k kotabaru nih hari sabtu besok. Mkasih

      Hapus
  2. akhir nya yang ditunggu2 di posting auda juga. gilaaaaaaaaa kereeeeen abis da

    BalasHapus
  3. so pasti kereeeen abis kak... Rugi pake banget gag pernah kesana..
    next trip mau ke derawan,kakaban,sangalaki,dan maratua.. belejar berenang dulu biar bisa diving.. hahaa

    BalasHapus
  4. wah keren gila. kemaren kk mau ke derawan,eh ternyata ada kerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. ditunggu postingan selanjut nya auda

    BalasHapus
  5. wew ngikutin auda nih, kemaren juga mw ksana bulan november, tp ada kerjaan yang tak bisa ditinggalkan..jadi next time deh...
    biar dsna puasssss.. belajar berenang dulu biar kg takut snokeling dan bisa diving

    BalasHapus
  6. kk kemaren bulan desember mau kesana.tapi seperti nya next trip kk mau ke teluk tamiang, nanti cek email ya auda

    BalasHapus
  7. bisa minta info yg sewain kapal atau speedboat ?thanks.. rencana kita pda mau kesana 14org,

    BalasHapus
  8. Bisa email sy di auda.nurul@yahoo.co.id

    BalasHapus
  9. mbak, mohon cek email ya..tks

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum ka aida, mau nanya2 tentang trip ke Teluk Tamiang nih kak, mau minta daftar2 harga yg kk kluarin waktu ke Teluk temaiang boleh kak? Boleh minta kontak yg di hubungin juga di teluk Tamiang sana? Juga katanya kalau mau kesana bisa pakai angkutan desa ya kak?

    BalasHapus
  11. boleh donk nanti jadi guide

    BalasHapus
  12. boleh donk nanti jadi guide

    BalasHapus
  13. Wah kira2 kalo pake mobil avanza bisa gk ya nembus tu lumpur smpai pantainya ?

    BalasHapus