Kamis, 21 Mei 2015

Gili Labak dan Gili Iyang, Eksotisme di Ujung Timur Pulau Madura

Kamis subuh, tanggal 14 mei 2015, tepat jam 05.00 subuh auda sudah nongcan alias nongkrong cantik di Bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru..Tanggal 13 mei sebenar nya auda sudah sampe banjarbaru dan nginap 1 malam dipenginapan dekat bandara... kali ini auda flight mnggunakan maskapai *tiiiiit* nama maskapai nya disensor.. clue nya huruf awal lion, akhiran nya air.. wkwkwkwkwk..  yah, kali ini auda mo ngetrip bareng grup derawan ke jawa timur tepat nya gili labak..

Gili labak,, awal nya auda gak tw sama sekali ternyata di madura terdapat pulau cantik bernama gili labak.. auda cuman tau madura itu tempat karapan sapi,, heheee kuno banget gue..
awal mula tau gili labak itu karna di grup WA derawan, mba lia ngajakin buat ngetrip ke gili labak. seacrh di mbah google, wedew ternyata madura punya gili secantik ini..

Gili Labak ini berada dalam kawasan sekitar Pulau Madura, tepatnya berada di Kecamatan Talang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Kabupaten Sumenep sendiri merupakan kabupaten paling timur di Pulau Madura sehingga waktu tempuh untuk menuju pulau ini menjadi cukup lama.

Akhir nya tgl 14 mei kita semua brngkt menuju Surabaya.. gag semua teman di grup WA derawan sii yang bisa ngikut, sedih juga. Pdhl niat nya pengen reunian sm kalian semua.. hiks
Yang pada bisa ngikut ke gili labak cuman ber 4, pdhal di grup kita total org 10.. yo wess lah, rapopo.. auda kudu piye kalo pd bnyak gag bs..

Landing di Surabaya jam 06.40, gag lama dijemput sm mba lia. Mba lia stay di Surabaya, dan kali ini mba lia yang ngehost kita selama di jawa timur.. skitar jam 9 kurang, mas ayas landing jg di Surabaya. Terakhir tinggal nunggu mas Sandy, baru kita lanjut menuju sumenep.  Mas Ayas dan Mas Sandy dr Jakarta dan auda sendiri di grup ini yg dr Kalimantan..
makan tengkleng sambil nunggu mas sandy landing

Entah lah nasib apa yang menimpa mas sandy, tiba2 dapet Wa bilang klo ketinggalan pesawat..awal nya auda pikir cuman bercanda doang, tapi ini bener2 terjadi.. padahal mas sandy yg udh excited banget pengen ke gili labak sampe2 susah tdur.. tapi memang rezeki anak sholeh, akhir nya dapet pesawat yg flight jam 12 menuju sby. Panjang cerita nya jadi kenapa bisa dapet tiket kembali, padahal maskapai yg lain pun pada full.. kalo auda certain disini, yg ada semua isi postingan ini cerita mas sandy semua.. hahaa ..Tapi kalo inget kejadian ini, bener2 bkin sakit perut mo ketawa.. wkwkwkwk

setelah semua pada ngumpul, skitar jam 15.30 kita lanjutkan perjalanan menuju sumenep. Waktu tempuh Surabaya-sumenep skitar 5 jam dengan menggunakan mobil mba lia.

lunch sebelum melanjutkan perjalanan ke sumenep

Dari Surabaya menuju jembatan suramadu, dilanjutkan melewati bangkalan dan sampang.. di sampang ini kita mampir makan di depot Al- Ghazali dg menu nasi kaldu super sumsum.. sadis, enak banget…
sumsum depot Al-Ghazali

Setelah asyik srot srot sedot lemak sum sum ini, kita melanjutkan perjalanan dari sampang menuju pamekasan.  Setelah melewati pamekasan, baru lah kita memasuki kabupaten sumenep.skitar jam 20.00 kita sampe di sumenep, akhir nya kita memutuskan untuk nginap 1 malam di sini, dan besok pagi nya baru lah kita nyebrang menuju gili labak
hotel tempat kita nginap

ke sumenep ini kita ikut travel nya mba lia, www.trilia-tour.com

Besok pagi nya skitar jam 05.30 kita check out dan menuju pelabuhan kalianget. Untuk menyebrang ke gili labak memerlukan waktu sekitar 2-3 jam dari pelabuhan kalianget dengan menggunakan kapal nelayan. Kapal nya pun sudah auda pesan seminggu sebelum brngkt ke Surabaya.

Sampai di pelabuhan kalianget,, ternyata kita sudah ditunggu oleh pak wi gunawan pemilik kapal yg sudah auda pesan sebelum nya untuk mengantarkan kita ke gili labak..

Skitar jam 06.00 kapal yang kita gunakan akhir nya berangkat menuju gili labak.. sayang nya ombak lagi tidak bersahabat, perjalanan jadi memakan waktu skitar 3 jam..

Mungkin yang lain belum terlalu terbiasa dengan ombak kek gini (sombong banget gue) wkwkwkwk, jadilah bnyak kejadian yang bikin ngakak selama perjalanan, dari tas auda basah kuyup, baju kita pada basah kecipratan air laut, mas ayas sampe pindah2 posisi nahan mual (sampe nungging gitu,,hahaa), badan + muka kita penuh ama garam, dan kejadian2 lain nya.. tapi asli, jadi seru banget selama perjalanan..

Gak terasa hampir 3 jam perjalanan (padahal terasa banget selama perjalanan), akhir nya kita sampe di Gili Labak

Di gili labak ini luas nya cuman 5 hektar doank, serius… dan disini dihuni sekitar 35 kk..

Yang pada kga bawa makanan, tenang disini sudah tersedia warung..

ini ibu yang punya warung

Disini juga tersedia kamar mandi(eits kudu bayar ya)

Baiklah, sekarang saat nya kita keliling pulau

Mas Ayas dan mas Sandy pada snorkeling, auda bukan nya gag mw snorkeling, tapi nunggu info dari mereka dulu dimana spot yang bagus.. dan sayang seribu sayang, spot depan pulau pada gada yang bagus, kata nya sii disamping pulau yang bagus, tapi sayang nya ombak lagi besar.. fiuh, sayang banget yaaa..
Gag lama sii kita di gili labak, cuman sekitar 1 jam doank, karna pulau nya kecil jadi tidak perlu waktu lama untuk berkeliling di pulau ini..  dan kejadian yang sedikit memalukan, auda jatoh karna terkait tali kapal.. untung nya yang liat cuman teman di grup doank, kalo kaga, dimana gue taro muka..
Lumayan sedikit luka untuk jadi kenang2an dr gili labak..

Akhir nya kapal kita balik menuju pelabuhan kalianget, dan untung nya ombak gak kayak waktu berangkat. Jadi ombak nya nyamping gitu, jadi lumayan lah gak bikin yg lain pada mual dan bisa tertidur selama perjalanan…
Sampe di pelabuhan kalianget, kita meneruskan perjalanan menuju gili iyang..
Untuk menuju gili iyang, cara lebih cepat berangkat dari pelabuhan dungkek, dari pelabuhan kalianget ke pelabuhan dungkek sekitar 1 jam..

Berangkat dari pelabuhan dungkek menuju gili iyang sekitar jam 15.00 lewat.. lewat nya lupa lewat berapa :-D . perjalanan dari pelabuhan dungkek menuju gili iyang sekitar 45 menit, dan ombak nya pun lebih besar dari waktu kita mau ke gili labak. Untung nya kapal nya juga lebih besar
Sesampai nya di Gili iyang,sepanjang mata melihat, tidak ada yang special, disini tidak ada pantai dengan pasir putih apalagi spot untuk snorkeling..pun disini tidak ada ucapan selamat datang. Cuman terdengar suara sapi dan kambing..
tapi disini, di gili iyang memiliki kadar oksigen terbaik didunia.. serius ?? duarius malah..
ente kaga percaya ?? cek sendiri di mbah google..

wisata kita ke gili iyang yaitu mengunjungin gua mahakarya. Untuk mengunjungin gua tersebut, kita diantar dengan menggunakan dorkas, itu loh sepeda motor yang punya tiga roda (bukan bemo atau bajai ya)

sadis, ini goa asli keren abis.. sayang nya di goa ini gelap pake banget.. kalo kaga bawa senter, bakal ke jedug kepala sampean ..
nih auda kasih video nya ya

tidak semua didalam gua kita kelilingin, sayang nya karna waktu kita sampe di gili iyang udah lumayan sore banget.. walau gak semua kita kelilingin, tapi ini jadi pengalaman yang luar biasa.
Di gili iyang, gua mahakarya bukan satu2 nya gua yg ada disini, tapi masih ada gua yang lain nya dan karna hari udah mulai gelap, alhasil kita tidak bisa mengelilingin pulau ini, yaaah sayaaang pake banget, tapi mau kek gimana lagi..
Skitar jam 17.30 kita udah balik dari gili iyang menuju pelabuhan dungkek, dan lagi saat pulang ombak mulai bersahabat..

Sampe di sumenep sekitar jam 20.00 lewat, dan untung nya kita ditawarin nginap gratisan di rumah pa bul.. jadi pa bul ini ipar nya pa amad, pa amad itu supir nya mba lia..begitu cerita nya..
Rumah pa bul ini asyik banget, rumah jadul gitu, kalo kaga salah sii ini rumah dibangun tahun 1952.. nah loooh abah sm mama nya auda aja belum lahir… jadi desain nya unik gitu, masih banyak barang2 jadul yang kalo dijual itu harga nya lumayan mahal banget..
foto bareng keluarga pa bul

Besok pagi nya sekitar jam 06.00 kita menuju pantai slopeng di sumenep, ombak di pantai ini lumayan gede’, cocok buat surfing
hasil foto nya mas ayas

Balik dari pantai slopeng sekitar jam 7, breakfast bentar, trus kita lanjut balik menuju Surabaya..
Mampir di bangkalan buat makan bebek sinjai, pertama kali auda liat tempat makan kek gini,, parah ini tempat makan ato pasar.. udah terkenal banget ini tempat, biasa nya yang terkenal di madura itu tentu saja sate madura nya, tapi kali ini kita bakal nyicipin bebek sinjai bangkalan yang udah terkenal seantero jagat #preeet.. parah, orang nya sampe bejibun gitu, mo makan aja ngantri nya lama beud,, lah mo cari tempat duduk aja susah nya minta ampun.. kek gini nih yang bikin naik darah bin murka dengan antrian yg panjang + panas nya minta ampun.. (kek gue ngikut antri aja).. panas karena disini tidak ada AC, boro2 AC, kipas angin aja auda kaga ada liat..  makin penasaran lah jadi nya se gimana enak nya sii ini bebek sinjai sampe orang2 pada rela ngantri panjang + rela panas2an..

Kita sampe bagi tugas gitu, mba lia sama mas sandy yang bagian ngantri makanan, auda dan mas ayas yang nyari tempat duduk…
Setelah melalui proses yang panjang,karna perlu ketabahan tingkat tinggi dan kesabaran seluas samudera untuk bisa icip ini bebek,dan akhir nya mas sandy datang juga bawa piring2 bebek pesanan kita..
Oalaaaah, ternyata cuman nasi, bebek goreng, kremesan, dan lalapan + sambel seada nya cyiiiiin..  auda pikir bakal special kek gmn gitu, ya sutra lah mari kita icip ini bebek..
Dari segi rasa OK lah, porsi nya lumayan besar dan nasi nya lumayan banyak ,, bebek nya juga empuk banget, lumayan buat ganjel perut.. tapi menurut auda, agak sedikit asin gitu sii.. untuk sambel nya, karena kurang suka pedas, jadi deh dikasihin ini sambel ke mba lia.. tapi sambel nya lumayan enak..

Oya, selama kita makan, kita jadi punya kenalan baru, aish lupa lagi siapa nama nya.. jadi 1 keluarga gitu  dari Jakarta lagi liburan juga di jawa timur.. asyik yah liburan 1 keluarga, sama suami/istri,sama anak2 juga... jadi pengen #ngarep

Setelah puas makan bebek, akhir nya kita balik menuju Surabaya.. sampe di Surabaya, agenda kita selanjut nya menuju bromo..
cerita di bromo auda posting entaran di postingan yang baru yeee..
sebenar nya ngetrip ke bromo itu trip dadakan, tanpa ada schedule sebelum nya. Karna dadakan alhasil gak ada persiapan sama sekali buat tracking ke bromo. Bawa jaket juga auda kaga bawa..
sehingga  cerita ke bromo jadi dramatis banget.. kwkwkwkwk.. tracking tanpa jaket, kaus tangan dan kaus kaki.. lah sampean bayangin aja gimana dingin nya itu bromo ditambah kaga ada persiapan sama sekali.. fiuh..

wokeh, cerita gili labak dan gili iyang cukup sampe disini..
Maturnuhun udah pada mo sempetin baca ini postingan..
next, entar baca cerita di bromo juga di postingan berikut nya yaaa..
zaidjian

oya, trip ke gili labak dan gili iyang ini kita pake travel nya mba lia.. recomend banget pokok nya kalau mw ngetrip kesini pake travel Trilia Tour

Trilia Tour Advanture

Plaza Andika Lt.3 No. IIC Jl. Simpang Dukuh 38-40 Surabaya
Cp : 082299862626 / 29D7C252
email : triliajaya@yahoo.com
web : www.trilia-tour.com

1. Amazing.beneran kk ngga nyangka ternyata madura juga punya pulau seindah ini. keren postingan nya.
    ngga sabar mau baca cerita yang di bromo, segimana dramatis nya sih. haha

Balasan
    1. beeeeh ka reza ini, kelihatan banget fans berat nya auda.. hahaaa... baru naro link di status bbm, udah maen comment aja disni.. gkgkgkgkgk
      iya cerita di bromo insyaAllah besok auda posting..

2. PeDe nya ini anak.haha
      Semoga dengan postingan auda yang ini, gili labak dan gili iyang makin terkenal. mungkin sama seperti kk, ngga banyak org yg tau kalo ternyata madura punya gili secantik ini. keren deh cerita nya.
      Good job Auda

Hapus
    3. ehehehehe :D .. maturnuhun kk..
      Aamiin.. moga banyak yg baca dan minta auda jadi guide nya buat kesana.. gkgkgkgk #Ngarep ..
      serius.. di aamiin kan yaa..

2. keren ka auda.
    aku baru tau lo ka kalau kadar oksigen terbaik didunia ternyata ada diindonesia yaitu di gili iyang

3. Keren auda.
    kk juga baru tau lo ternyata madura punya gili secantik ini..
    nice info

4. saya juga pernah sampek ke pulau gili labak tapi dulu sebelum rame seperti saat ini..
    ini tulisannya..

Wisata Pulau Gili Labak

Terima Kasih,

PulauMadura.com

5. Pengobatan alternatif penyakit asma, sesak nafas, paru-paru, penyakit dalam
    Di pulau oksigen giliiyang, gili iyang, giliyang, gili yang di kabupaten sumenep madura jawa timur
    Di sini kita bisa merasakan kadar oksigen terbaik nomer 2 di Dunia khusunya yang punya sakit asma, sesak nafas, paru-paru, penyakit dalam, langsung benar benar merasakan kadar oksigen terbaik nomer 2 di Dunia ini.
    Yang sudah di buktikan sama warga sekitar pulau oksigen dan yang di luar pulau tersebut.
    Dan tidak hanya sebagai pengobatan alternatif disini kita bisa exploer ke tempat wisata yang sangat jarang ada orang yang tau.
    Wisatanya di pulau ini sangat sangat alami dan indah pasti nantinya memori kamera akan habis buat foto foto dan ingin berlama lama di tempat wisata ini
    Dan enak nya lagi tempat wisata di sini jarang ada yang tahu, jadi nanti wisatawan seperti liburan pribadi di wisata sini.

datang langsung ke tempat pengobatan alternatif dan wisata di ini sangat rekomendasi karena bisa ke tempat wisata bagus tapi belum ada orang yang seberapa tahu.

Atau

Kalo bingung atau takut kena biaya mahal karena belum di patok harga penyebrangan dan selama akomodasi di sana bisa saya bantu untuk mengantarkan dari Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto ke tempat pengobatan alternatif dan wisata di sini

Dengan sistem private trip, liburan keluarga, liburan bersama, jalan-jalan, backpacker, rombongan, open trip

Dan saya sajikan kopi khas di pulau oksigen ini yang sangat nikmat dan tidak punya efek samping pada umumnya yang tidak suka kopi
    Bisa di rasakan sendiri waktu datang

Dengan biaya Rp 350.000 per orang

Dengan Fasilitas :
    -Armada pribadi ac dobel blower,full musik,sopir ramah (veloz,all new avanza/xenia,luxio)innova upgrade harga
    -kendaraan di pulau

Kualitas terjamin

Juga menyediakan paket wisata murah yang lainnya juga
    Silahkan tanya tanya dulu

Untuk club motor / rombongan sendiri mau ke tempat wisata silahkan tanya  dulu gratis