Senin, 24 November 2014

Labuan cermin, Secuil Surga di pelosok Kaltim



Labuan cermin, nama yang asing buat auda..pertama kali tau Labuan cermin itu dari teman auda, kata nya tempat nya bagus banget dan itu danau 2 rasa dimana dipermukaan  air nya rasa nya  tawar dan di bawah nya asin.. haaah gue kaget kok ada danau dengan 2 rasa kek gitu, lalu gue coba searching di mbah google, oalaaah ternyata beneran Labuan cermin terkenal dengan danau 2 rasa yang teman gue bilang,, gue cb cari info menuju kesana dan ketemu web nya backpackerborneo.com punya bang indra setiawan,, thx bang info nya sangat membantu..

31 okt auda berangkat ke berau, hari itu auda liburan dulu ke derawan sampe tanggal 2nov.. waktu masih dikotabaru gue sebenar nya ragu  mau kelabuan cermin setelah dari derawan, karna gue tau gue bakal berangkat sendiri kesana, dan sempat gue urungkan niat mo kesana,, tapi pas gue udah nginjakkin kaki diberau, tiba2 gue kepikiran sayang juga yah gak mampir ke Labuan cermin,mumpung masih di berau..

2 November, auda akhir nya berangkat ke biduk2 sendiri,yah dari berau kita masih menempuh 6 jam untuk sampe ke biduk2, Labuan cermin itu ada di desa biduk2 pemirsah..  trip yang ne to the kat alias nekat.dengan modal bismillah,  auda nekat berangkat sendiri ke Labuan cermin. Jam 12.00 lewat auda dijemput travel yang 1 hari sebelum nya auda udah pesan travel dari berau menuju biduk2 dan auda jg udh booking penginapan disana..

Sekitar jam setengah 4 lewat mobil berhenti, ternyata kita singgah makan didaerah makajang, dan kalian tau pemirsaaaah,, disini mahal banget. Gue cuma makan nasi sedikit (karna porsi gue slalu sediki) + ayam  goreng 1biji + es jeruk total 40rb..hedew
Setelah selesai makan, perjalanan dilanjutkan kembali.. gue gak bisa crita gimana perjalanan menuju berau-biduk2,karna gue kerjaan nya Cuma tidurrrrr,, gue cape banget…

Sampe biduk2 skitar jam setengah 7 daaaan kalian tau pemirsah, gue disambut dengan mati lampu.. horaaaa… -_-
Gue diantar ke penginapan selvia, tapi sayang nya disana genset nya lagi rusak dan gue di over ke lossmen miranti..
Sama ibu penginapan, auda diantar ke kamar yang dipinggir pantai..karna Cuma sisa ini kamar yang kosong.. ini kamar full AC + TV.. tapi sayang nya karna mati lampu dan Cuma pake genset, TV + AC kga bisa di nyalain.. dan gue Cuma dikasih kipas angin doank.. gua berharap karna TV + AC kg nyala, tarif nginap bkal dikurangin, dan ternyata engga pemirsah.. gue tetap disuruh bayar full, 200rb/malam..
Yo wes lah, rapopo.. untung nya ibu penginapan ini baik banget, ibu  nya nawarin diri buat besok ngantar auda ke teluk sulaiman dan Labuan cermin..

Besok nya setelah sholat subuh, auda jalan2 sendiri dengan jalan kaki mengitari desa biduk2 sambil cari sarapan..
Dan kalian tau pemirsah, waktu gue buka pintu kamar dan noleh sebelah kanan, huaaaaa pantai nya keren bingits.. pantesan ini kamar kata nya ibu yang punya penginapan yang paling mahal karena persis disamping pantai..tadi malam gue memang gak memperhatikan ini pantai karena mati lampu dan gelap..












recomend banget kalo mo honey moon kelabuan cermin buat nginap di lossmen, romantis banget daaah.
dari dalam kamar aja lo tinggal buka jendela, udah bs liat view pantai yang keren ini
 




















Setelah sejenak melihat pantai ini, auda bergegas cari sarapan karna perut udah lapar pake banget.. maklum tadi malam kga bisa makan malam karna warung pada tutupan, mati lampu..
suasana desa ini bener2 seger banget pemirsah..










 

Dari penginapan, gak jauh untuk menemui warung yang jual nasi kuning.. 


 










Jam 07.30 lewat, ibu penginapan datangin auda dan nawarin buat ngantar ke teluk sulaiman dan Labuan cermin dengan menggunakan motor.. ibu nya baiiiik banget…
Sepanjang jalan, bener2 gue nikmatin banget  desa ini.. Sumpah ini desa keren banget.. sepanjang jalan menuju teluk sulaiman, lo ngadep sebelah kiri, sepanjang jalan lo bakal liat pantai dan pohon2 kelapa..asli keren banget.. dari biduk2 menuju teluk sulaiman ditempuh skitar 15 menit.. sepanjang jalan gue juga ngobrol sama ibu penginapan.. gue pikir nama ibu ini ibu miranti, karna nama lossmen nya Miranti, ternyata itu nama anak beliau dan ibu ini nama nya ibu Astuti..
Dibiduk2 ini, jumlah warga nya ada skitar 10rb.. mayoritas disini beragama islam.dan makanan khas sini nama nya balai jence



















Dsini kalian bakal banyak banget nemuin sapi yang lagi nongkrong di pantai









 

Banyak ngobrol sama ibu Astuti, gag kerasa akhir nya kita sampe di Teluk Sulaiman.. ini Teluk pasir nya putih banget.. 













 

Ibu nya nawarin buat ke pulau kaniungan dan air terjun di teluk sumbang, kata beliau disana tempat nya bagus banget.. untuk sewa kapal kesana bisa lewat dermaga teluk sulaiman ini dg tarif  sewa kapal 500rb..tapi sayang nya karna auda sendiri, auda jadi kga ada teman share cost sewa kapal buat kesana, dan juga waktu nya gag sempat karna jam 12 auda udh dijemput travel buat balik ke balikpapan.next time deh semoga bisa balik kesini lagi dan menikmati pulau kaniungan dan teluk sumbang..
Setelah merasa puas di teluk sulaiaman, ibu Astuti ngajak auda ke Labuan cermin..yeeey ini yang paling gue tunggu..
Betaaaah pake banget dah di desa ini,, lagi dan lagi sepanjang jalan gue nikmatin pantai nan indah dengan deretan pohon2 nyiur di depan nya.. keren pake banget 











Sampe di Labuan cermin, gue cuma bisa terpaku, ini danau sumpah keren abis..
Tuhaaaaan,, kenapa tak kau ciptakan ini danau di kotabaru saja.. :’(











 

Ibu Astuti yang membantu auda buat nyarikan kapal buat disewa menyusuri ini danau yang super keren..oya, sewa kapal disini Cuma 100rb pemirsah.. 




















 
Sepanjang jalan, dikapal gue Cuma takjub, keren gila.. Dan parah nya lagi, ini danau 2 rasa.. dimana di bagian bawah terasa asin, dan atas nya tawar.. dimana antara asin dan  tawar air nya kga pernah kecampur.. parah banget kan keren nya..
mungkin waktu tuhan nyiptain ini danau, tuhan lagi happy..












Sangkin bening nya, ikan2 nya aja sampe keliatan dari atas permukaan air.. gilaaaa keren bangeeeet ini  










 

Awal nya gue pengen nyebur disini,, gue Tanya sama bapa yang punya kapal, kata beliau ini kedalaman air nya 14m.. wooow  14m aja bisa keliatan. Sadis bening banget.. dan gue ngurungin niat buat mandi disini, dan akhir nya kita diajak ketempat yang lebih keren.. 











 

Kalian tau pemirsah, didanau ini cuma gue sendiri yang meyusurin ini danau,, karna ini hari senin, bukan Cuma sendiri  sih, ditemenin sama ibu Astuti dan bapa yang punya kapal.. kalo lagi weekend kata bapa nya bakal banyak yg berkunjung.











 

Ini air sangkin bening nya serasa kek sejengkal, dan ternyata kalian tau pemirsah, ini dalem nya 5 meter.. itu kata bapa yg punya kapal sih
Dan disni gue gak tahan buat nyebur

 










Oya karna kiri kanan hutan, sambil lo nikmatin ini danau, lo juga bakal dengar nyanyian burung dan hewan2 lain nya.. super banget dah keren nya.. gue sampe kehabisan kata2 ngungkapin keren nya ini danau #lebay


























Setelah puas snorkeling, auda mutuskan buat balik karna nyempatkan jam 12.00.. padahal masih pengen disini :'(













Oya, ternyata kita gak langsung balik ke penginapan, karna ibu astuti ngajak auda buat ke sungai serai yang gak jauh dari Labuan cermin










 

Unik nya disini ada batu yg bentuk love dan asli buatan alam










 

Kata ibu astuti tiap 1 muharram disini bakal banyak orang datang buat mandi disini, karna mitos nya disini dipercaya jika mandi disini 1 muharram kata nya buat buang naas gitu.


  









Disini kita Cuma sebentar dan langsung tancap gas buat balik kepenginapan









 


Sampe penginapan gue langsung mandi dan bergegas packing karna jam 12 sudah dijemput travel buat balik ke samarinda… oya pas balik kita gak lewat berau, kata nya ada jalan yg lebih cepat gitu ketimbang mutar balik lewat berau.. tapi sayang nya pemirsah,, jalan nya cukup rusak.. gue udah ngantam antimo, tetap aja kaga bisa tidur..






















Dan ini kali pertama gue naik fery sekecil ini.. ini fery cuman muat 2 mobil doank

















 


Perjalanan dari biduk2-samarinda skitar 13 jam karna di dalam mobil ada anak bayi baru berumur 10hari, jadi supir nya gag brani bawa terlalu laju..skitar jam 01.00 malam lewat kita udah sampe samarinda dan perjalanan dilanjutkan kembali ke Balikpapan dengan waktu tempuh skitar 2 jam.. skitar jam 03..30 subuh gue udah sampe Balikpapan, dan tau pemirsah jam 10 pagi nya gue langsung lanjut perjalanan ke kotabaru dg waktu tempuh skitar 12 jam perjalanan darat , itu baru sampe batulicin. Untuk sampe kekotabaru gue mesti naik speed skitar 1 jam lagi..

Ditotal gue nempuh perjalanan darat skitar 27 jam.. bayangin dah tuh pegel nya badan..
Fiuh..
Tunggu postingan berikut nya ya, next mo posting pulau balabalakang-kab mamuju-sulbar..
Xie xie sdah baca ini postingan..
zaijian









16 komentar:

  1. habis kamu kasih link nya,langsung kk buka da.haha
    ini mah nama nya keren banget. wah parah auda ngeracuni kk lagi nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw.. kemaren kan request link nya klo udh selesai diposting..
      ini tempat memang keren pake banget daaaah...
      gag bs move on dari ini danau...

      Hapus
  2. keren banget ka auda #mupengbanget

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee.. ayuk atuh kesini..
      asli nya lebih keren loo ^_^

      Hapus
  3. wah gua baru sempat buka blog auda,kemaren sibuk banget..haha
    cuma 1 kata yang bisa diucapkan "incredible".
    keren abis itu da

    BalasHapus
    Balasan
    1. Very incredible ..
      #SokSibuk .. wkwkwk 😋
      Asli nya jauh lebih keren.. 😝😛

      Hapus
    2. haha memang racun banget ini anak.
      next trip rencana mau kemana Da ?

      Hapus
    3. hahaaa...
      belum tau nih kak..
      paling untuk bulan depan stay dikotabaru aja jd guide.. soal ny ada bbrp yg mo ke samber gelap utk bln depan..

      Hapus
    4. wah sukses terus ya auda

      Hapus
  4. Yah Auda kdjd mpat ke BalaBalakang ... kdjd memposting am

    BalasHapus
  5. Hahaa.. auda sdh ke balabalakang tgl 24-26okt td 😃.. barengan sm anak2 dr komunitas samarinda dan balikpapan..

    BalasHapus
  6. Mba auda bagi pin BB donk

    BalasHapus
  7. asiknya uda nah.. jd pengen ksana juga...

    BalasHapus