Rabu, 05 November 2014

Another Story from Derawan

“Dari sabang sampai marauke berjajar pulau-pulau, sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia”
Ah lagu ini pas banget menggambarkan Indonesia yang mempunyai banyak pulau-pulau dan bersatu membentuk suatu wilayah yang disebut nusantara, Indonesia

Setiap kali ngetrip,, auda gak berhenti bersyukur tinggal dan hidup di Indonesia,, yah untuk menikmati pantai dan laut yang luar biasa milik Indonesia,, kita gak perlu paspor dan melintasi benua..
Melihat Indah nya Indonesia adalah sesuatu hal yang luar biasa..

Sebenar nya ada beberapa wisata yang sudah auda datengin dan belum sempat diposting, aah kek nya gua sok sibuk banget sampe gak sempat nulis.. hahaa

Kali ini auda mo nulis tentang wisata di berau-kaltim.. yaps Eksplore pulau Derawan..
Sminggu Sebelum pergi ke derawan, sebenar nya auda pergi ke pulau balabalagan-kab mamuju-sulbar terlebih dahulu.. cuman auda lagi pengen nulis dan posting wisata derawan terlebih dahulu,, lagii semangat nih pengen nulis trip ke derawan kemaren..

31 juli,, rencana awal auda mau ke derawan share cost sama teman2.. semua perlengkapan sudah siap , daan H-7 semua  tiba2 berubah gak jadi.. huaaa kesal nya minta ampuuuun.. gua udah siap lahir bathin buat eksplore derawan tanggal segitu.. dan alhasil gua kecewa pake banget.. mo nekat berangkat sendiri, ah gua takut budget gak cukup.. lagi2 niat diurungkan utk pergi kesana.. suatu saat, yah suatu saat gua pasti kesana..

Awal bulan September, gua searching di mbah google nyari yg open trip ke derawan bulan September, ketemu lah di tgl 24-26 sept.. dan lagi,, gagal pemirsaaah karena seat nya masih bnyk kurang.. dan gua gak pernah nyerah mantengin mbah google buat cri trip ke derawan..
Akhir Bulan september, gak sengaja auda buka fb dan lihat status nya ka Adit, open trip derawan 16-10 okt, 4H3M . buru2 lah auda mendaftar..  semangat bangkit kembali.. derawan, I’m coming.. seperti itu lah status bbm auda.. wkwkwk..

Tanggal 4 okt k adit bilang kalau msih kurang 1 seat, dikasih lah pilihan mw dijadikan 3H2M ato tetap 4H3M tp kudu nambah 275rb.. karna dikasih pilihan, mau gak mau auda harus milih.. #mikirsejenak,, karena  tgl 24-26okt auda jg  ikut trip ke balabalagan-kab mamuju-sulbar, dan takut budget gak ckup,terpaksalah auda milih 3H2M.. dan kalian pada tau pemirsaaah, tgl 8 okt k adit sms trip dibatalkan.. hiks hiks sakiiiit nya tuh disini.. kecewaaaa bangeeeet.. sudah 3 x auda dapat zonk..

Ah, gua jd gak semangat mo ke derawan.. iseng pantengin mbah google lagi, dapat lah trip dari Sukawisata.com utk tgl 31ok-2nov, 3H2M.. gua coba WA mas Tidar, kata nya sudah 8 org yg fix,, gua lega selega lega nya…kek nya kali ini pasti jadi..   kalo sampe kali ini batal lagi, gua gak bakal mau ke derawan,, hahaaa segitu frustasi nya auda,, yaah karna sudah 3 kali menaruh harapan dan tiba2 gua dikasih zonk.. rasa nya gua mau manjat pohon teh dan bilang pucuk..pucuk.. #ahsalahfokus

Rabu, 22 okt auda berangkat dri kotabaru-balikpapan karna tgl 24-26okt auda mo ngetrip pulau balabalagan-kab mamuju-sulbar dan MP di Balikpapan.. aaah indah nian pulau ini.. but, auda tidak membahas pulau balabalagan di postingan ini,, nyusul dibelakangan yooo..

Senin, 27 okt saat nya beli tiket pesawat buat ke berau..dan gua tetap stay di Balikpapan smp tgl 31 okt.. aaaah rasa nya nunggu sampe tanggal 31okt itu lamaaaa banget.. nunggu 1 hari itu kek nya setahun #ahterlalulebay
31 okt, subuh2 jam 6 auda udah menuju bandara sepinggan Balikpapan, karna jarak dari rumah ke bandara sepinggan lumayan jauh banget.. dan gua udah semangat pake banget.
Tiba di berau sekitar jam 11’n dan sudah ada yang menjemput di bandara.. gua kaya ngerasa mimpi akhir nya ke sampean bakal eksplore derawan.. thx god, thx sukawisata.com

Ternyata auda org yg pertama tiba di berau diantara peserta yg lain.. alamat nunggu lagi nih..
Auda gak kenal sebelum nya sama peserta yg lain .. ah yg lain pda baik gak ya sama gua..
Skitar 30 menit kemudian, 3 peserta yg lain sdh datang dan 33 nya cwo semua..aish, jangan2 gua cewe sendiri nih.. sama2 menunggu hampir 30menit, guide nya bilang untuk yg cwo ber 3 ini brangkat duluan menuju tanjung batu dan gua disuruh nunggu sendirian sampe peserta yg lain datang.karna kata guide nya, sisa peserta yg bakal datang itu cwe semua.. lega gua ternyata bukan gua cewe sendiri

Akhir nya jam 1 semua sisa peserta udh ngumpul dan kita langsung tancap gas nyusul kloter pertama yg sudah menuju tanjung batu..
Hm,kesan pertama liat peserta yg lain cukup baik.. gua sedikit lega..
Kloter pertama udah pada duluan tiba di tanjung batu,, dan tau pemirsaaah mereka eksis banget.. sempat2 nya berfoto ria sambil menunggu kedatangan kloter ke 2

skitar jam 16.30 lebih2 sedikit,,akhir nya kloter ke 2 tiba.. kita semua bakal nyebrang dari tanjung batu menuju derawan, hmm derawan akhir nya kita bersua (red:bertemu) juga..

Sekitar 20 menit kita sampe juga diderawan,, kesan pertama liat derawan sih biasa aja.. #efekkarnacape
Dan ini dia penginapan kita

Ah ternyata gua Cuma mimpi.. setelah mengusap mata, penampakan penginapan nya yg ini

Syukurlah.. gua pikir nginap dirumah warga (homestay)..nama penginapan nya Derawan Fisheries, tempat yg cukup nyaman untuk beristirahat.. karena auda ikut open trip, semua sudah disediakan dari makan, speed dan nginap..
Dan karena auda gak dapat teman kamar, jdi harus upgrade kamar sendiri.. hik hiks nambah duit lagi…
Setelah meletakkan tas kedalam kamar, kita diajak untuk melihat2 pulau derawan dan cottage yg diatas air yg ada diderawan

Dan sore itu juga kita diajak untuk naik banana boat mengelilingi pulau derawan

inilah tempat nongkrong kita kalau lagi santai... diantara semua peserta, auda lah yang paling muda. gua jadi ngrasa kaya anak bawang.. wkwkwk :-D

Malam nya  sama guide ny kita diajak melihat penyu, tapi jika beruntung

Dan sayang nya kita gak beruntung malam itu.. hiks hikh.. ade penyuuuu,, where are u ??
Besok pagi nya kita diajak untuk kepulau yg lain,, yeeee ini saat yang paling gua tunggu2.. dan tentu nya kali ini gua harus pake baju komunitas SBT (South borneo travellers).. thx SBT atas baju nya..
Pulau pertama yang kita datengin adalah maratua

Cuma perlu waktu sekitar 20 menit  untuk menuju maratua
Dan waktu pertama gua liat maratua,, kereeeeen pake banget..
Ini asli air nya biru, bukan photoshop ya :-D

Sebelum nya makasih buat ka sari udah dikasih bag tag I’m Indonesian nya

Yeee auda nemu penyu disini

Aah penyu  nya gak keliatan difoto,, penyu sih jauh2 dr auda..
Sedih pemirsah, di maratua ternyata kita Cuma numpang foto.. bukan numpang nginap.. hiks hiks

Selesai berfoto ria, kami diajak untuk pergi ke pulau kakaban..
Kalian pada tau pulau kakaban kan, dimana buanyaaaak buanget ubur2 tanpa sengat ada disini..
Waaaaaa gua akhir nya bias berenang bareng ubur2..
Sebelum berenang bareng ubur2, kita diajak untuk snorkeling di depan pulau kakaban..

Setelah puas snorkeling, kita diajak masuk ke pulau kakaban,, ubur2, I’m coming

Setelah puaaaas berenang bareng ubur2, kita lanjut ke pulau sangalaki..
Di sangalaki tempat nya penyu dan tukik.. sayang nya karena kita siang kesana, jadi gd penyu yang naik.. Cuma bias liat tukik

Setelah dari sangalaki, kita diajak untuk snorkeling bareng pari manta.. huaaa ini spot yang paling gua tunggu
lucu nya waktu ngejar2 pari

Sayang nya gak ada foto auda bareng pari, ah tak apalah. Yang jelas gua puas udah liat langsung

Aaaah terumbu karang nya keren banget, sayang nya auda gak bisa nyelam apalagi diving.. so auda gak ada foto bareng atau dekat terumbu karang disini… bisa berenang aja gua udah syukur…

Spot terakhir yang kita kunjungin adalah pulau gusung
Istimewa nya,kita habiskan malam terakhir di pulau gusung sambil bakar2 ikan..
Kata guide nya kita pemecah rekor karena sebelum nya gak ada yg bakar2 ikan di pulau gusung ini..
siapa sih yg punya ide pertama buat bakar2 ikan disini.. keren abiiis deh ide nya

hasil foto dari pa erik

Sekitar jam 21.00 kita diajak untuk melihat penyu kembali.. gua semangat banget.. tapi sayang seribu sayang pemirsah, lagi2 tidak beruntung.. gak ketemu penyu lagi, hiks.. mungkin ini pertanda gua disuruh balik lagi kederawan suatu saat..

Huft, besok tanggal 2 nov, tepat hari terakhir auda diderawan.. bukan sedih karna tidak diderawan lagi, tapi sedih harus berpisah sama semua peserta yang keceh abiiis..ibu2 nya gokiiiil banget..kenapa dipanggil ibu, karena  sudah punya anak.. ah, lebih cocok dipanggil mba ketimbang ibu.. face nya belum terlihat tua.. yg cwo2 nya jg pada gokil dan keceeeh abiiis.. aaah matep banget dah semua peserta nya
Dari kiri mba yuni, mba mudah, mba anggi, auda, dan mba lia..

Nah loh mba, semua sudah auda puji,, no rekening nyusul di WA yaa :-D

Malam nya auda sudah janjian sm mba yuni lewat bbm buat kita besok bersepeda bareng mengelilingi pulau derawan..
Jam 6 lewat dikit, akhir ny kita menyewa sepeda dengan harga sewa 20rb/jam dan disini memang ada beberapa penyewaan sepeda.. mengelilingi pulau derawan dengan sepeda untuk terakhir kali nya bareng mba anggi dan mba yuni ..
Kita juga mampir ke makam saba’ani atau makam pahlawan 3 negara

Setelah puas bersepeda, kita lanjut lihat ibu2 yang lagi membersihkan tehe-tehe,, semacam kek bulu babi gitu.. ini makanan khas dipulau derawan ini

Dan setelah dimasak, ini lah jadi nya.. gua pikir isi nya kek isi dalam kerang gitu,, eh tau nya isi nya ketan

Dan yang tehe2 nya itu yg kuning di bawah ketan nya itu loo

Setelah selesai makan tehe2,, waktu nya kita berpisah..  dan trip telah berakhir..
Hiks hiks sumpah sedih banget..
Kita baru ketemu dan kenal dg trip 3H2M ini udah berasa kek keluarga semua, serius daaah..
Mungkin ini hikmah dibalik 3 kali gua gagal ke derawan..  aaaah terimakasih banyak ya Allah sudah mempertemukan auda dengan mereka..
sekali lagi thx buat sukawisata.com  .. pelayanan nya sangat memuaskan

Good bye derawan, suatu saat kalau gua honeymoon gua pengen kesini.. hahaa #mimpi
Perjalanan lanjut menuju tanjung batu dg speed,, dari tanjung batu kita menempuh perjalanan 2 jam lgi untuk sampe ke bandara berau
Uh, saat2 yang paling tidak diinginkan tiba juga, kita berpisah disini.. hiks hiks sedih bangeeeet..
dari kiri: Mas rio,mba lia, mas andreas,mas sandy,mba anggi,auda,mba mudah,dan mba yuni

Yg lain pada pulang ke Balikpapan, Surabaya dan Jakarta. Dan auda sendiri lanjut ngetrip ke Labuan cermin.. ah gua sendiri ngtrip ke Labuan cermin,, dan Labuan cermin gua posting belakangan…

Good bye all,, kalian teman ngetrip yang the best, baru kenal kalian udah berasa kek kenal lama..
Ah, kalian keluarga terbaru ny auda.. #berpelukan #gayateletubbies

Sampai ketemu di trip selanjut nya ya.. zaidjian

NB: Thx Mas Andreas atas ide judul blog ini.. thx semua atas foto2 nya yang sudah di share di grup WA kita..
Buat kalian yang dari Jakarta, Jawa, dan darimana saja, terutama yang di Surabaya,,jika kalian mo ngetrip Eksplore pulau Derawan ato pun yang lain, ada travel nya mba lia yg menyediakan trip kesana.. pelayanan nya pasti memuaskan