Minggu, 27 Desember 2015

8 Alasan Kamu Harus ke Kotabaru, Melihat Setitik Surga Tersembunyi di Ujung Timur Kalsel

Wonderful South Borneo ..
Kalimat ini pantas ditujukan untuk Kotabaru.. Alasan nya ? Silahkan baca artikel ini sampai habis ^_^

Kotabaru merupakan Salah satu Destinasi Wisata Kalsel.
Mungkin banyak diluar kalsel yang pernah dengar akan kotabaru, tapi tidak banyak yang tau letak kotabaru persis nya dimana  kenapa begitu ?
Saya pernah mengalami ketika berlibur ke luar kalimantan.. ketika ada yang bertanya saya dari mana, saya pun menjawab dari Kotabaru. Beliau pun bilang apa kotabaru yang di lagu nasional itu, beliau pun menyanyikan lagu tersebut..
Yap,karna nama Kotabaru ada pada lagu yang tidak asing di telinga kita, lagu “Paris Barantai”
“Kotabaru gunung nya bamega
  Bamega ombak manampur di sala karang
  Ombak manampur di sala karang…… “
Secara Geografis, Kabupaten Kotabaru merupakan satu kabupaten yang daerahnya memanjang dari selatan ke utara, dan terletak di bagian timur provinsi Kalimantan Selatan. Walaupun merupakan sebuah kota kecil diantara kota – kota lainnya yang ada di Nusantara, tapi kotabaru ini cukup unik, karena kalau ditarik dari beberapa garis lintang dan bujur, boleh dikatakan Kotabaru persis ditengah – tengah Nusantara.
Kotabaru Sebagai Kabupaten terluas di wilayah Kalimantan Selatan (kurang lebih 9.422,46 km2) dan memiliki kurang lebih 150 pulau. Disebelah barat berbatasan dengan 4 Kabupaten, di sebelah utara dengan Kalimantan Timur, disebelah timur dengan Selat Makassar dan di selatan berbatasan dengan laut jawa.
Untuk menuju kotabaru, jika kalian dari Banjarmasin, tersedia pesawat Banjarmasin-kotabaru setiap hari. tapi jika kalian dari Balikpapan, Jakarta dll,maka harus mengambil penerbangan menuju Banjarmasin terlebih dahulu, setelah transit dari Banjarmasin, bisa melanjutkan penerbangan ke kotabaru.. jika ingin menghemat budget , kalian bisa menggunakan jalur darat dari Banjarmasin, tersedia bis menuju kotabaru..

Karna Kotabaru dikelilingi oleh lautan, maka banyak sekali pantai2 yang cantik yang berada dikotabaru.. nah kali ini saya akan mengajak kalian untuk melihat sedikit surga tersembunyi yang ada di ujung timur kalsel ini

1. Pantai Labatan 
Mungkin untuk orang kotabaru sedikit asing mendengar nama pantai ini, karna pantai ini masih jarang dijamah sama wisatawan. Tempat ini sangat eksotis menurut saya, karna  Pantai labatan ini memiliki pasir putih dan bersih. Pantai ini terletak di desa lontar, kecamatan pulau laut barat…
Dari kotabaru untuk menuju kesini sekitar 120km. tersedia angkutan desa dari terminal kotabaru menuju lontar. Jika kalian ingin menginap di lontar, jangan khawatir karna disini banyak tersedia penginapan.

2. Teluk Tamiang
Cara menuju ke teluk tamiang sangat lah mudah.. jika kalian berkunjung ke kotabaru tidak menggunakan mobil/motor pribadi, maka kalian bisa menggunakan angkutan desa dari terminal kotabaru menuju lontar. Tarif nya pun hemat di kantong , 40-50ribu.. setelah sampai dilontar, bisa melanjutkan dengan ojek untuk menuju teluk tamiang. Tarif ojek berkisar 30ribu. tapi jika kalian menggunakan mobil/motor pribadi kesana, setelah keluar dari fery tanjung serdang, sekitar 1km kalian jalan, kalian akan menemukan simpang 3, dan pilihlah arah kanan menuju lontar. Jarak dari tanjung serdang ke teluk tamiang sekitar 80km. namun jangan kaget dengan medan jalan yang akan kalian lalui, karna jalan menuju kesana tidak akan sebagus yang kalian bayangkan, apalagi jika musim hujan. Jalan akan menjadi licin dan banyak kubangan karna masih banyak jalan masih berupa tanah liat.. tapi untung nya sekarang sudah banyak perbaikan jalan , dibuat beton sehingga jalan yang rusak tidak banyak seperti dulu ketika pertama kali saya berkunjung ke teluk tamiang tahun 2012.
Teluk tamiang merupakan sebuah desa yang berada di kecamatan pulau laut barat, penduduk nya campuran, ada dari suku bugis, suku mandar dan suku banjar.rata rata penduduk disini bekerja sebagai nelayan. Penduduk nya pun sangat lah ramah pada wisatawan yang berkunjung kesana. Sayang nya di teluk tamiang ini masih belum ada penginapan, jadi jika kalian ingin bermalam disini, bisa membawa tenda atau numpang nginap di rumah kepala desa atau dirumah penduduk.
Apa yang ada di teluk tamiang ?? Yap, Pantai dan terumbu karang.
Teluk tamiang memiliki air yang lumayan jernih dan pantai yang cukup bersih..


sunset dari dermaga teluk tamiang

Menurut saya pribadi, teluk tamiang bisa menjadi desa yang maju dengan potensi wisata yang dimiliki nya. Bagaimana cara memajukan nya, yaitu perlu nya kesadaran dan partisipasi masyarakat  terhadap terumbu karang yang ada didesa mereka, dan mereka pun harus menjaga pantai agar tetap bersih dari sampah.
Tahun 2013 kemaren saya dan teman mengadakan sosialisasi penting nya terumbu karang di teluk tamiang, tujuan kami mengadakan sosialisasi ini agar mereka tahu betapa penting nya menjaga terumbu karang di sekitar desa mereka. Fungsi terumbu karang bukan hanya untuk sebagai obyek wisata saja, tapi lebih dari itu,terumbu karang juga bisa sebagai pelindung pantai dari hempasan ombak dan terumbu karang pun juga sebagai tempat tinggal dan berkembang biak nya  makhluk laut sepeti ikan nemo,dll. Sosialisasi ini kami tujukan lebih kepada anak anak, remaja dan nelayan disana agar mereka tahu jika saat berenang atau melabuh jangkar agar jangan sampai menginjak atau mengenai terumbu karang, karna selama satu tahun rata-rata karang hanya dapat menghasilkan batu karang setinggi 1 cm saja. Jadi selama 100 tahun karang batu itu hanya tumbuh 100 cm.  dengan pengetahuan yang mereka dapatkan, setidak nya mereka tahu betapa lama nya terumbu karang tumbuh dan betapa sayang nya jika mereka hancurkan begitu saja.


Untuk menuju spot terumbu karang, hanya memerlukan waktu 10 menit dangan menggunakan kapal. Untuk sewa kapal, banyak tersedia di dermaga teluk tamiang
terumbu karang di teluk tamiang
3. Tanjung Kunyit
Untuk menuju tanjung kunyit sangat lah mudah. Kalian bisa carter kapal dari teluk tamiang untuk menuju kesini, dengan menempuh sekitar 20 menit saja kalian akan sudah tiba di tanjung kunyit.
Perjalanan akan sangat tidak terasa karena di sepanjang jalan kalian bisa melihat terumbu karang dari atas kapal karena air laut nya lumayan jernih dan kalian juga akan melihat bukit-bukit yang cantik yang akan menemani perjalanan menuju tanjung kunyit


Tanjung kunyit merupakan sebuah desa yang dihuni dari beberapa suku yaitu suku mandar, bugis dan banjar. rata-rata penduduk di tanjung kunyit bekerja sebagai nelayan.
Saat kalian berada disini, kalian akan merasakan udara yang sangat sejuk, karna tanjung kunyit merupakan pulau yang dikeliling lautan dan tidak ada nya polusi yang disebabkan kendaraan bermotor. Yap disini kalian tidak akan menemui motor yang akan lalu lalang.asyik kan
Sama seperti teluk tamiang, Sayang nya disini pun tidak tersedia penginapan. Jika ingin bermalam disini, kalian bisa membawa tenda atau menumpang nginap dirumah kepala desa atau rumah warga sekitar.
Untuk menuju spot terumbu karang, hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit dengan menggunakan kapal dari dermaga tanjung kunyit

Setelah puas bermain dipantai, kita bisa tracking menuju mercusuar. Yap di tanjung kunyit ini terdapat mercusuar,, jalan menuju mercusuar sekitar 20 menit dengan jalan menanjak..Sesampai di mercusuar, lihatlah keindahan yang telah tuhan ciptakan di kotabaru..Tinggi mercusuar ini 20meter. disekitar mercusuar terdapat bangunan rumah yang merupakan peninggalan belanda. kalian pun boleh menginap di rumah peninggalan belanda ini


view dari atas mercusuar
view dari atas mercusuar
4. Pulau Cinta
Hah, beneran dikotabaru ada yang nama nya pulau cinta ?? iya beneran. coba deh kalian datang kesini. pulau cinta ini pulau kosong loh..hanya terdapat pasir putih, batu-batuan yang besar dan  pepohonan. kenapa dinamakan pulau cinta ? eits bukan karna pulau ini berbentuk hati, tapi karena mitos nya. kok karena mitos nya ?? konon jika kalian ingin berjodoh dengan pasangan kalian sekarang, coba aja datang kesini dan gantungkan sepasang batu atau apa saja pada pohon yang berada dipulau tersebut dengan tujuan agar cinta kalian bisa bersatu sampai ke ikatan pernikahan. Ingat ya, ini hanya mitos. Karena jodoh kita sudah diatur oleh Tuhan..
Untuk melestarikan budaya di pulau cinta ini, maka masyarakat di sekitar pulau tersebut mengemas nya dengan pesta adat bernama Malasuang Manu yaitu dengan melepas sepasang ayam jago dan betina yang diperebutkan pengunjung. bagi siapa yang mendapatkan nya, maka diyakini akan mendapatkan berkah dari Allah SWT. Budaya ini dilestarikan untuk menarik para turis agar berkunjung ke pulau cinta ini. Biasa nya acara seperti ini diselenggarakan pada bulan tertentu, yaitu pada bulan maret – april.
Cara menuju ke pulau ini sangat lah mudah, dari kotabaru tersedia angkutan desa menuju tanjung lalak. Sesampai nya ditanjung lalak, dilanjutkan dengan sewa kapal menuju pulau cinta yang berjarak hanya sekitar 15-20menit.. sewa kapal ny pun sangat lah murah, hanya berkisar 150-200rb dg kapasitas 10 org..

 

5. Pulau Sembilan
Seperti nama nya, Pulau Sembilan, yap pulau ini terdiri dari 9 pulau yaitu Pulau Marabatuan, Denawan, Payung-payungan, Maradapan, Matasirih, Pamalikan, Labuan Barat, Kelambau, dan Pulau sarang. untuk melihat artikel pulau sembilan, bisa klik disini
Tidak semua pulau Sembilan ini berpenduduk.. seperti denawan,payung-payungan,pamalikan, pulau tersebut merupakan pulau kosong. pusat pemerintahan pulau Sembilan ini berada di Marabatuan. Untuk sampai ke Marabatuan, kalian bisa carter kapal dari kotabaru, namun memakan waktu yang cukup lama, sekitar 8-10 jam perjalanan.. sedangkan jika kalian berangkat dari tanjung lalak, hanya memakan waktu sekitar 4 jam. Saya sarankan jika hendak kesini tidak sendirian atau berdua saja,  karna sewa kapal yang lumayan mahal jika ingin ke pulau Sembilan ini..jika memiliki budget yang pas-pasan dan waktu yang banyak, maka kalian bisa menggunakan kapal perintis, jadwal kapal perintis pun biasa nya berangkat pada hari kamis.
Rata-rata penghasilan penduduk pulau Sembilan pun hampir  sama seperti pulau-pulau lain nya yaitu nelayan. Maka dari itu penduduk dikotabaru banyak berpenghasilan sebagai nelayan karna kotabaru sendiri pun dikelilingi oleh lautan.  Disini pun tidak ada penginapan, jadi jika kalian ingin menginap disini, bisa membawa tenda atau menumpang nginap dirumah kepala desa atau rumah warga. Penduduk disini sangat lah ramah kepada wisatawan yang datang kesini.
Daya tarik pulau Sembilan ini yaitu pantai nya yang bersih dan terumbu karang yang cantik, yah walaupun ada sebagian terumbu karang  sudah hancur akibat bom. ini lah diperlukan nya kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap pariwisata sekitar agar tetap menjaga dan melindungi terumbu karang disekitar wilayah mereka. jika terumbung karang terjaga, masyarakat sekitar juga yang akan merasakan manfaat nya
Marabatuan
denawan
Matasiri
Pamalikan
terumbu karang di matasiri,pamalikan dan denawan
6. Pulau Kerayaan
Untuk menuju kesini, kalian bisa sewa kapal dari tanjung lalak dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Pulau Kerayaan terdiri dari Kerayaan besar dan kerayaan kecil. Kerayaan besar merupakan sebuah desa dengan kecamatan pulau laut kepulauan dan berpenduduk sekitar 1600 jiwa. Sedangkan kerayaan kecil merupakan pulau kosong yang memiliki pasir putih bersih dan terumbu karang yang cantik.
Daya tarik di kerayaan besar yaitu ada nya batu yang bernama Batu Laso dan di sini pun terdapat sebuah meriam peninggalan belanda. Untuk orang makasar mungkin sudah tau apa arti nya laso. yah mengapa dinamakan demikian, karena memang batu tersebut mirip dengan nama nya sendiri :-D 
dermaga kerayaan besar
batu laso 
meriam peninggalan belanda di kerayaan besar
kerayaan kecil
pantai di kerayaan kecil
terumbu karang di kerayaan kecil
7. Samber Gelap
Diantara semua yang saya sebutkan diatas, samber gelap lah tempat faforit saya dikotabaru.
Untuk menuju kesini, bisa sewa speed dari pelabuhan kotabaru dengan jarak tempuh sekitar 2 jam.
Samber gelap merupakan pulau yang tidak berpenduduk, yah pulau ini hanya dijaga oleh penjaga mercusuar secara bergantian karena di samber gelap ini terdapat mercusuar yang menjadi bagian navigasi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin, kalsel. Samber gelap merupakan primadona wisata kotabaru. Karna pulau ini memiliki pasir putih yang bersih, air yang jernih, terumbu karang yang keren, udara yang sangat segar, dan ketenangan.
Air disini sangatlah jernih, kedalaman 5-6 meter saja pun kita masih bisa melihat terumbu karang dari atas speed. Daya tarik lain nya dari pulau ini yaitu ada nya kenservasi penyu. Bagi yang hobi memancing pun disini lah tempat nya, banyak nya ikan kerapu, ekor kuning, dan ikan lain nya yang siap menunggu umpan dari pancing kalian. Yap sejak saya sering kesini, hobi terbaru saya adalah memancing ^_^

Sayang nya disini sedikit kesulitan air tawar karna tidak ada nya sumur bor, karena pulau ini dikelilingi oleh lautan. Jadi di pulau ini untuk mendapatkan air tawar yaitu dengan menampung air hujan ke tong besar yang telah disediakan.
di dekat samber gelap selalu banyak kapal nelayan yang bersandar disini, dinelayan ini pun kita bisa membeli berbagai macam seafood dengan harga yang sangat murah, seperti kepiting, udang, cumi dan ikan kering, dan berbagai macam ikan lain nya.






view dari atas mercusuar
view dari atas mercusuar
memancing di sekitar samber gelap
ikan hasil pancingan 





8.Bukit Mamake
Kotabaru bukan hanya memiliki pantai-pantai yang indah saja, tapi kotabaru juga memiliki banyak sekali perbukitan dan pegunungan. Seperti pada lagu paris berantai, kotabaru lebih dikenal dengan gunung bamega.
Untuk menuju ke bukit mamake ini, dari pusat kota hanya berjarak sekitar 5km saja,tepat nya berada di desa sigam kecamatan pulau laut utara. Untuk sampai ke puncak nya,, maka kita harus menempuh perjalanan yang menanjak dengan berjalan kaki sekitar  25-30 menit.

Perjalanan kalian tidak akan terasa melelahkan, karena selama di perjalanan kalian akan ditemani dengan pemandangan yang menakjubkan. Yap hanya sampai setengah perjalanan saja pun kalian dengan mudah nya melihat hamparan laut yang berwarna biru. Setelah sampai di puncak, maka lihatlah pemandangan di sekeliling kalian, terlihat jelas kotabaru dari atas, hamparan laut yang biru,bagang-bagang di lautan, ilalang-ilalang di sekitar bukit, pegunungan, lebat nya hutan yang masih berwarna hijau, serta angin yang berhembus kencang, indah bukan ? kalian pun bisa bermalam disini dengan tenda, dan lihat lah keindahan sunset dan sunrise yang akan kalian lihat dengan jelas dari atas bukit mamake ini.





masih banyak alasan kenapa kalian harus mengunjungi kotabaru, karena selain yang saya sebutkan diatas masih banyak surga tersembunyi yang ada dikotabaru yang masih belum banyak terjamah oleh wisatawan , karena kotabaru banyak sekali memiliki pulau-pulau kecil yang indah. jika semua pulau indah yang ada dikotabaru dikelola oleh pemerintah dan masyarakat sekitar, maka kotabaru layak dijadikan primadona Destinasi Wisata Kalsel 

2 komentar: