Jumat, 08 Februari 2013

Wisata yang ada di Kotabaru

Wonderful South Borneo ..
Kalimat ini pantas ditujukan untuk Kotabaru.. Alasan nya ? Silahkan baca artikel ini sampai habis ^_^

Mungkin banyak diluar kalsel yang pernah dengar akan kotabaru, tapi tidak banyak yang tau letak kotabaru persis nya dimana.  kenapa begitu ?
Saya pernah mengalami ketika berlibur ke luar kalimantan.. ketika ada yang bertanya saya dari mana, saya pun menjawab dari Kotabaru. Beliau pun bilang apa kotabaru yang di lagu nasional itu, beliau pun menyanyikan lagu tersebut.. tapi beliau tidak tahu kotabaru persis nya berada di provinsi mana ?
Yap,karna nama Kotabaru ada pada lagu yang tidak asing di telinga kita, lagu “Paris Barantai”
“Kotabaru gunung nya bamega
  Bamega ombak manampur di sala karang
  Ombak manampur di sala karang…… “
Secara Geografis, Kabupaten Kotabaru merupakan satu kabupaten yang daerahnya memanjang dari selatan ke utara, dan terletak di bagian timur provinsi Kalimantan Selatan. Walaupun merupakan sebuah kota kecil diantara kota – kota lainnya yang ada di Nusantara, tapi kotabaru ini cukup unik, karena kalau ditarik dari beberapa garis lintang dan bujur, boleh dikatakan Kotabaru persis ditengah – tengah Nusantara.
Kotabaru Sebagai Kabupaten terluas di wilayah Kalimantan Selatan (kurang lebih 9.422,46 km2) dan memiliki kurang lebih 150 pulau. Disebelah barat berbatasan dengan 4 Kabupaten, di sebelah utara dengan Kalimantan Timur, disebelah timur dengan Selat Makassar dan di selatan berbatasan dengan laut jawa.
Untuk menuju kotabaru, jika kalian dari Banjarmasin, tersedia pesawat Banjarmasin-kotabaru setiap hari. tapi jika kalian dari Balikpapan, Jakarta dll,maka harus mengambil penerbangan menuju Banjarmasin terlebih dahulu,setelah transit dari Banjarmasin, bisa melanjutkan penerbangan ke kotabaru.. jika ingin menghemat budget , kalian bisa menggunakan jalur darat dari Banjarmasin, tersedia bis menuju kotabaru..

Karna Kotabaru dikelilingi oleh lautan, maka banyak sekali pantai2 yang cantik yang berada dikotabaru.. nah kali ini saya akan mengajak kalian untuk melihat sedikit surga tersembunyi yang ada di ujung timur kalsel ini

Siring Laut
Auda sih bukan hanya pernah kesini,, tapi sering banget ..disini Sebuah tempat yang menjadi pusat acara, sebuah tempat berkumpulnya orang, sebuah tempat yang menjadi jantung keramaian Kotabaru. tempat itu sangat indah. Pemandangan laut di tengah kota. Bisa menyaksikan Sunset setiap hari sambil cuci mata. Biasanya banyak pengunjung mulai dari anak kecil hingga orang lanjut usia. Di siring laut banyak terdapat warung-warung tenda yang menjual berbagai macam kuliner, juga banyak pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam mainan anak-anak. Anak-anakpun bisa menikmati permainan di sana seperti kereta kelinci, menyetir mobil-mobilan,dll
Di Siring laut juga sering diadakan festival kebudayaan, festival musik dll, pemerintah kota disana menyediakan panggung umum dan terbuka tepat berada diatas gedung kesenian, dan ada juga panggung yang membelakangi laut, jadi bisa menyaksikan pertunjukan sambil melihat pemandangan laut. Hebat kan tuh…..


sunset di siring laut
Air Terjun Tumpang 2
Air Terjun Tumpang Dua yang berlokasi di desa Sebelimbingan Kecamatan Pulau Laut Utara. Air terjun Tumpang Dua Merupakan kawasan objek wisata yang sangat menarik, indah dan sejuk dengan fasilitas kolam renang alami yang sangat nyaman, santai buat keluarga dengan suasana alam pegunungan yang jarang terdapat di daerah lain.  



Pantai Gedambaan
Belum lengkap kalau wisata ke Kabupaten Kotabaru kalau kita belum mengunjungi pantai Gedambaan 14 km dari Kota Kotabaru dengan tempat wisata pantai dengan pasir putihnya tersebut pemandangan yang khas dan ditambah sarana pendukung seperti Cottage (penginapan), Mushola, Kolam Pemancingan dan Warung Makan serta tempat duduk yang banyak tersedia. Pantai ini merupakan sebuah pantai yang sangat indah dan merupakan kebanggaan bagi masyarakat Kotabaru. Pantai ini terus dikembangkan dan pasilitasnya terus ditambah. Pada tahun 2006 dibangun kolam renang di kawasan sekitar pantai tersebut. Pantai ini selalu ramai dikunjungi khususnya pada hari sabtu da hari minggu. Selain itu juga tersedia sarana parkir yang luas akan memudahkan kita untuk berpiknik di Pantai Gedambaan. Dan tidur di Cottage Pantai Gedambaan.

Teluk Gosong
Ada lagi pantai yang tak kalah indah dari pantai Gedambaan. Tempatnya masih alami, namanya Teluk Gosong, pantai yang dihiasi dengan bebatuan.
Tapi jujur saya lebih menyukai Pantai Teluk Gosong ini.Selain perawan, pantai yang tidak jauh dari Pantai Gedambaan ini memiliki pemandangan yang lebih eksotis.Karena pasirnya lebih putih, air lautnya jernih, ada bebatuan besar di bibir pantai & tentu saja sepi dari pengunjung.

Air Terjun Seratak
Air terjun Seratak cukup mudah dicapai, karena jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Dari kota Kotabaru ke Desa Seratak cuma berjarak 22 km, yang dapat ditempuh dalam waktu antara 20 sampai 30 menit. Sedangkan untuk menuju kawasan air terjun, harus ditempuh jalan setapak sekitar 2,5 km. Jika kita berjalan kaki dengan santai cukup satu jam sudah sampai ke air terjun. tinggi air terjun tersebut sekitar 4meter
 


Bukit Mamake
Untuk menuju ke bukit mamake ini, dari pusat kota hanya berjarak sekitar 5km saja,tepat nya berada di desa sigam kecamatan pulau laut utara. Untuk sampai ke puncak nya,, maka kita harus menempuh perjalanan yang menanjak dengan berjalan kaki sekitar  25-30 menit.



Teluk Tamiang
Teluk tamiang berada sekitar 120km dari pusat kotabaru. Teluk tamiang memiliki pasir yang putih bersih dan terumbu karang yang indah.

sumber aditraveller.blogspot.com


sunset didermaga teluk tamiang
hasil rumput laut teluk tamiang
terumbu karang di teluk tamiang
Tanjung Kunyit
Untuk menuju tanjung kunyit sangat lah mudah. Kalian bisa carter kapal dari teluk tamiang untuk menuju kesini, dengan menempuh sekitar 20 menit saja kalian akan sudah tiba di tanjung kunyit. di Tanjung kunyit ini terdapat mercusuar setinggi 20meter. untuk menuju mercusuar ini, kaliah harus tracking sekitar 20menit
dermaga tanjung kunyit




Samber Gelap
Samber gelap merupakan primadona wisata kotabaru. Karna pulau ini memiliki pasir putih yang bersih, air yang jernih, terumbu karang yang indah dan udara yang sangat segar. disini terdapat mercusuar setinggi 20m.
Air disini sangatlah jernih, kedalaman 5-6 meter saja pun kita masih bisa melihat terumbu karang dari atas speed. Daya tarik lain nya dari pulau ini yaitu ada nya kenservasi penyu. Bagi yang hobi memancing pun disini lah tempat nya, banyak nya ikan kerapu, ekor kuning, dan ikan lain nya yang siap menunggu umpan dari pancing kalian. Yap sejak saya sering kesini, hobi terbaru saya adalah memancing ^_^



view dari atas mercusuar




Open trip ke samber gelap, MP Kotabaru. harga mulai dari 600ribuan tergantung jumlah orang..
include pp speed, makan 3x, biaya masuk obyek wisata & nginap, snorkeling, mancing dan tips guide waktu bisa menentukan tanggal keberangkatan sendiri.
Cp : sms / wa / line 085350074715


6. Pulau Kerayaan
Untuk menuju kesini, kalian bisa sewa kapal dari tanjung lalak dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Pulau Kerayaan terdiri dari Kerayaan besar dan kerayaan kecil. Kerayaan besar merupakan sebuah desa dengan kecamatan pulau laut kepulauan dan berpenduduk sekitar 1600 jiwa. Sedangkan kerayaan kecil merupakan pulau kosong yang memiliki pasir putih bersih dan terumbu karang yang cantik.
Daya tarik di kerayaan besar yaitu ada nya batu yang bernama Batu Laso dan di sini pun terdapat sebuah meriam peninggalan belanda. Untuk orang makasar mungkin sudah tau apa arti nya laso. yah mengapa dinamakan demikian, karena memang batu tersebut mirip dengan nama nya sendiri :-D 
dermaga kerayaan besar
batu laso
meriam peninggalan belanda
kerayaan kecil
kerayaan kecil
terumbu karang di kerayaan kecil
Pulau Sembilan
Seperti nama nya, Pulau Sembilan, yap pulau ini terdiri dari 9 pulau yaitu Pulau Marabatuan, Denawan, Payung-payungan, Maradapan, Matasirih, Pamalikan, Labuan Barat, Kelambau, dan Pulau sarang.untuk melihat artikel pulau sembilan, bisa klik disini
pulau pamalikan
terumbu karang di pulau sembilan
Pulau Cinta
untuk menuju kesini, kalian harus ke tanjung lalak terlebih dahulu. banyak angkutan desa menuju tanjung lalak ini dari terminal pasar kotabaru... sesampai di tanjung lalak, kalian bisa carter kapal untuk menuju kesini

Pantai Labatan
Mungkin untuk orang kotabaru sedikit asing mendengar nama pantai ini, karna pantai ini masih jarang dijamah sama wisatawan. Tempat ini sangat eksotis menurut saya, karna  Pantai labatan ini memiliki pasir putih dan bersih. Pantai ini terletak di desa lontar, kecamatan pulau laut barat…
Dari kotabaru untuk menuju kesini sekitar 120km. tersedia angkutan desa dari terminal kotabaru menuju lontar. Jika kalian ingin menginap di lontar, jangan khawatir karna disini banyak tersedia penginapan.

Batu Jodoh
Batu jodoh terletak di pantai aru kecamatan pulau laut selatan, batu ini merupakan tempat yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai tempat terkabul segala ikrar sepasang kekasih. perjanjian atau ikrar dilakukan dengan duduk diatas kedua batu tersebut kemudian sepasang kekasih tersebut saling berikrar dengan begitu mereka meyakini bahwa ikrar mereka tersebut dapat terkabul. keyakinan ini sudah dipercaya masyarakat secara turun temurun sehingga banyak wisatawan yang melakukan ikrar diatas batu tersebut.


Teluk kemuning



masih banyak tempat wisata yang ada dikotabaru. masih banyak tempat wisata yang belum Auda kunjungin. seperti :

Masih banyak tempat wisata yang tidak terupload di blog ini,karena cuma ini yang baru auda tau..

contoh nya

- Goa Temuluang
- Tanjung Dewa dengan keindahan Bebatuan yang indah dan sering dikunjungi oleh warga     Tionghoa untuk memenuhi hajat
- Pulau Manti dengan Pantai tempat Penyu bertelur dan terumbu karang
- Pulau Birah-Birahan dengan Pantai tempat Penyu bertelur dan terumbu karang
- Pantai Mekar Putih dengan Keindahan pantai dan panorama alam
- Goa Tangkinang
- Goa Liang Kadap
- Goa Tingkat Tujuh
- dll


hmm,,Inilah bagus nya kotabaru, walau kota nya kecil, tapi memiliki banyak sekali tempat2 wisata yang masih alami…

Jika ada pertanyaan seputar wisata kotabaru, bisa email di auda.nurul@yahoo.co.id 
CP : SMS/WA/ Line 085350074715

136 komentar:

  1. Keren...!!!
    Walau kpulauannya kcil. Tp obtek tjuan wisatanya wokeh mantap.
    ('.')>

    BalasHapus
  2. maka nya auda cinta sama kotabaru om...tempat nya asik bgt buat hunting2 foto...

    BalasHapus
  3. saya juga pernah ke pulau kerayaan, kenangan tak terlupakan,
    ingin sekali saya berkunjung kesana lagi,

    BalasHapus
  4. kerayaan disana nya pulau cinta..jd sebelum kekerayaan,, bs mampir dulu deh ke pulau cinta.. tempat yg eksotis.. cocok sekali buat yg hobi fotografer :)

    BalasHapus
  5. kalo dri BJM brpa duit yg hrus dsiapkan ni?
    gmna dgan transportasi dan akomodasi k tkp?

    BalasHapus
  6. ada contact person buat touring guide atau semacamnya disana? untuk penginapan dan lain2? mohon infonya ke haniramadhani99@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pnginapan dsni sdah tersedia banyak sekali..

      Hapus
  7. berapa hari mba selesai ketempat wisata yg mba kunjungi ??
    kalo naik motor jalan ny gimana gak susah kn ???

    selagi di kota baru :p hhe

    makasih info ny mba ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang bgt auda bru buka blog..
      Mm brp hari ya kmrn.. lupa jg.. hehe :)
      Udh kekotabaru ?
      Gmn komentar ny tntng wisata dsni ?

      Hapus
  8. Besok Senin, 14 Oktober '13, kami akan ke kota baru, kami akan buktikan apakah memang betul2 indah...............he he he...........mks u/ infonya ya mbak..salam dr wong Solo - jateng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udh kekotabaru ?
      Gmn komentar ny tntang wisata dsni ?

      Hapus
  9. wah kebetulan saya baru datang di kota baru,,,,
    semoga bisa mengunjungi semua #pantai indah di atas....

    tq infonya.... @nurul_auda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah udah kekotabaru ya..
      Gmn komentar ny tntang wisata dsni ? Seru kan :)

      Hapus
  10. masih ada lg de yg blm di upload pdhal objek wisatax ok banget...tg kunyit, pulau pandang2an, pulau aur, pulau karasian, pulau payung2an dekat marabatuan...moga semua bs di upload y de nurul...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kak riska..
      Iya nnt insyaallah auda upload.. :)

      Hapus
  11. ada info hotel/ penginapan, dan paket wisata disana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ksni jangan khawatir mau nginap dmn .. dsni sdh bnyk sekali penginapan..
      Sayang ny dsni blm ada paket wisata

      Hapus
  12. saya pernah bekerja di tanjung batu, bolak balik ke batulicin melalui laut atau lewat darat, pernah jg membuat jalan di wilayah cantung sebelah timur, ya ALLAH... sungguh indah sekali alam di situ, ribuan gunung batu kapur yg tinggi2 menjulang dgn di tumbuhi rumput dan pohon serta bentuknya yg bagiku sangat unik ya krn banyak yg seperti kubah masjid, apalagi di wilayah hapungu(cantung masuk arah utara) ketika pagi gunung kapur sebagian tetutup awan sehingga hanya puncak2nya sj yg terlihat, sungguh alam yg sangat luar biasa. andai di kelola dgn baik tentu sangat bagus selain jd di kenal org luar dan bs jd menambah kesejahteraan masyarakat setempat, ada aliran sungai yg super jernih dan dingiiiin yg keluar dr bawah gunung batu, dr pasar desa Bungkukan aliran sungai yg jernih menuju laut yg di laut itu banyak sekali pulau2 kecil berbatu yg jg di tumbuhi pepohonan, spot ikan kakap buanyak di situ(karena nelayan selalu menjual ikannya ke kami saat sy bekerja di situ), kiri kanan sepanjang pesisir adlh hutan bakau dgn kepiting yg buesar buesar jarrrr.. tetapi sayang lagi2 pemerintah tdk melihat peluang di situ atau mungkin upeti nya msh besar dr proyek batubara sehingga pemda mengesampingkan aset alam yg luar biasa itu sy jg belum tau pasti. yg jelas apabila dikelola dgn baik sepertinya klu pulau bali aja lewat deh. salam kenal buat mba' Audah ya. semoga kotabaru akan cepat dikenal org luar. tulisan di atas adlh dr apa yg pernah sy lihat dan alami 2005 lalu. salam utk semua.'' llihatlah secuil syurga di pelosok negeri kita''.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketinggalan,,,.
      ranggadewa256@yahoo.co.id

      Hapus
    2. Salam kenal jg rangga.
      Hm kotabaru itu emank bener tmpt nya eksotis bgt..
      Walau kota nya kecil, tapu menyimpan segudang wisata alam yg sangat indah..
      Tidak ush jauh2 pergi ke bunaken liat terumbu karang, dikotabaru jg ada tpat nya di teluk tamiang..
      Dan msh bnyk tmpt yg menarik lain nya dsni..
      :)

      Hapus
    3. boleh minta fotonya buat sarana promosi kotabaru?

      Hapus
  13. Ayo ayo yg sdh pernah kekotabaru coment ya..
    Dijamin liburan dsni gak bkal bkin bete..
    Efek samping bkin keganangan.. red keingatan
    Tak usah pusing mikirin nginap dmn ??
    Hellloooow disini jg bnyk keles penginapan..hehe
    Buat akhwat yg mau liburan dsni, bs lngsung auda temanin, kalo auda lg gak sbuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. emm..jarak dari bandara ke pusat kota jauh g ya mbk auda?

      Hapus
  14. Hai hai smua.. salam kenal.. Ma'af yaa auda baru buka blog nih, udh lama bgt tak ada buka blog.. hehe soal ny lg bnyk yg dikerjain.. jd baru liat kalo trnyta pd bnyk yg coment

    BalasHapus
  15. Berapa jarak dr ibu kota kota bru ke teluk tamiyang? Naik ap klw mau k teluk tamiyang n pntai lainy. Punya saran gak klw mau liburn k kota baru. Sblmny trimksh

    BalasHapus
  16. Kalo dr tanjung serdang, wkt turun dr fery menuju lontar krng lbh 73km.. dr kotabaru ke tanjung serdang krng lbh 45km..

    BalasHapus
  17. Lebih enak naik motor saat di lontar. Krn dr lontar menuju pantai itu jalanan ny agak susah dilaluin dg mobil..

    BalasHapus
  18. bisa kasih info gak mba rute jalan menuju teluk gosong dari pelabuhan kotabaru itu gimana ? soalnya saya dalam waktu dekat pengen liburan ke samber gelap. thanks hehe

    BalasHapus
  19. Udh prnh kekotabaru ?? Tau sarang tiung ?
    Kalau udh prnh kekotabaru dan prnh ke sarang tiung atau pantai gedambaan, letak teluk gosong dsna ny sarang tiung, gak jauh kok..

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Udah pernah sihh dulu waktu smp kalo gak salah udah 6 tahun yang lalu kalo gak salah hehe
    maaf ni mba,yang saya maksud maksud rute menuju pulau samar gelap,soalnya menurut info yg saya dapat rute menuju pulau samber gelap harus menuju ke dermaga teluk gosong dulu itu apa benar mbak ?
    untuk sewa speedboat nyebrang k pulau samber itu berapa skarang budgetnya mbak ? bener ya kalo mau ksana harus dapat izin dulu dari dinas pariwisatanya ?
    maaf nih kebanyakan nanya mba hehe
    kalonya gak berhalangan insya allah saya & teman2 mau berkunjung ke samer gelap mba,kalo mba auda pingin ikut silahkan mbak biar kita rame2

    BalasHapus
  24. Wah,, asyik nih diajakin.. seperti yg tertera diatas, samar gelap salah satu tmpt wisata yg blm prnh auda kunjungin..
    dari plabuhan panjang kotabaru, atau lngsng dr plabuhan batulicin jg bisa sewa speedboat langsung tanpa harus ke teluk gosong dlu..
    Utk harga sewa speedboat skrng, auda gag tau.. kalo dlu sih sktr 400-500rb, kalo skrng auda gag tau..
    info aja kapan mau berwisata ke sana, kalo ada yg bida auda bantu, insyaallah dibantu..

    BalasHapus
  25. Seriusan mbak hhe
    Yg jd masalah itu budget speednya mbak soalnya denger2 ada yg bilang nyampe 1,5 jt buat 1 malamnya
    Kalo ga keberatan bisa cp nya mbak auda ga soalnya masih banyak info yg ditanyakan sama mba
    Email saya brootf@gmail.com

    BalasHapus
  26. Email auda
    auda.nurul@yahoo.co.id
    Nnt auda cri tau budget sewa speedboat ny dlu ya..
    Rombongan ya mw wisata ke samar gelap ?

    BalasHapus
  27. Iya mba kalo ga ngerepotin mba juga hehe
    rncana sih cuman berempat atau berenam blum pasti.
    sklian mba info kapasitas speed nya brapa orang , makasih mba

    BalasHapus
  28. MantaPBB Mbak,! salam pariwisata kotabaru

    BalasHapus
  29. Selamat Sore kami sangat takjud dan tertarik dengan postingan,y...apkah kami boleh minta informasi tentang tranfortasi dan biaya baik darat atu laut menuju ke objek yang sdh di posting...khususnya teluk tamiang, tanjung kunyit,samer gelap, dan pulau cinta....kontak saya Dra. H. sofrina Noor 0811513976/pin BB 26895964..mohon bantuannya tks seblmnya.....atau bisa kirim data ke email destinasi_kalsel@yahoo.com..

    BalasHapus
  30. wah mantap nih mba, bisa jadi referensi tour saat libur kuliah...

    BalasHapus
  31. Kerayaan mantap kmaren bis liburan dsna pengen balik lg cmn akses jlnnya msh parah...tp tetep AMAZING ISLAND...

    BalasHapus
  32. sy pengen ke pulau sambar gelap nih mba', bisa bantu informasi tentang transportasi'y gak??

    BalasHapus
  33. Siap.. monggo email sy di auda.nurul@yahoo.co.id

    BalasHapus
  34. trimakasih ya.... pdhal aku lahir dikotabaru loh, tpi cuma tau pantai sarang tiung, sumur manggurak sama tanjung ketapang aja loh.... tpi skrng aku tau bhwa kotabaru gk kalah hebat dgn kota kota lainnya.... duh, nyesel gue pindah kebekasi

    BalasHapus
  35. Tempat wisata di kotabaru byk juga yah..,jg bagus2.
    Kapan2 bisa coba kesana.., moga aja ada peta nya supaya gak nyasar.., :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari di mbah google insyaallah ada kok :)

      Hapus
  36. waduuh rugi banget ya, kemarin saya tinggal di Gronggang Kotabaru..gak tau tempat2 indah ini..tahuku hanya Siring Laut aja....ingin ke sana lagi....ee....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe... nanti kalo balik kekotabaru lgi,, jangan lupa skalian berwisata disini :)

      Hapus
  37. mohon infonya mba, penginapan yang murah bisa buat bertiga ada gak?
    saya pernah ke Kota (siring) waktu malam pergantian tahun kemarin, syg saya datang pd malam hari dan cuman sempat ke tumpang dua disiang harinya. dan saya pengen bgt berkunjung ksana lg, mohon infonya mba :)

    BalasHapus
  38. Pnginapan termurah 65rb/malam utk 2 org di hotel hidayah, hotel irian dan hotel satria.. lokasi ny depan siring laut..

    BalasHapus
  39. untuk samber gelap saya sudah kesana per tanggal 3-4 mei mba...

    tapi untuk teluk tamiang dg keindahan bawah lautnya belu. rencana lebaran mau ksna...yuk ksna lg mba...

    dan air terjun seratak rencana kami minggu ini ksna..
    hehehe...

    BalasHapus
  40. assalamu'alaikum.wr.wb
    selamat datang di kotabaru

    BalasHapus
  41. kren abis deh untuk tempat yang satu ini...
    kapan ya saya bisa kesana....
    mantap.
    kunjungi balik saya di tour de singkarak di sumatra barat ya.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke blog saya... :)

      Hapus
  42. postingan yg bagus..
    cerita perjalanan yg menarik dan menyenangkan :D
    Mau menikmati liburan dengan paket wisata unik dari Sumatera Barat, kunjungi kami di Minangkabau Tours
    Terima kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke blog saya... :)

      Hapus
  43. Postingannya bagus auda, ternyata banyak sekali objek wisata di kotabaru ya, saya baru tau ternyata sebanyak itu. Padahal saya sering bolak batulicin-kotabaru-pulau sebuku.
    Oh ya Auda ada 1 lagi tuh yg blm kamu masukkan, yakni Pantai Tanjung Mangkok di Pulau sebuku, pantainya juga bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah sayang nya auda belum pernah kesana... nanti deh mau coba kesana :)

      Hapus
  44. wah ternyata banyak banget obyek wisata di kota baru,
    terimakasih mb Auda blognya sangat membantu nih bisa buat referensi mengisi liburan besok seandainya gak bisa lebaran di kampung halaman,
    salam backpacker indonesia

    BalasHapus
  45. Selamat malam mba auda , blognya cukup menarik.... Kebetulan minggu ini saya ada rencana ke kotabaru utk urusan kerja dan punya hobby motret... Kalo boleh minta info dimana spot2 yg bagus utk motret dan lokasi2 yg wajib didatengi selama disana..... Dan salam kenal ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ma'af telat balas..
      sudah kekotabaru yah ?
      Kata org sih kalau ke kotabaru wajib ke siring laut dan sarang tiung ..

      Hapus
  46. mba aku mau ke sarang tiung nanti habis lebaran , tau ga nomor CP penginapan yang ada di sarang tiung ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang banget kebetulan sy gag punya CP cottage di sarang tiung ..

      Hapus
    2. dari tempat tinggal kmau ke pantai sarang tiung jauh ga ?

      Hapus
  47. Blog nya bermamfaat beberapa hari lg saya mau kekotabaru.... terutama ke samber gelap minta info nya apa gelombang lg tinggi,,, menurut info tidak dsarankan untuk bulan juni - agustus ke pulau tersebut karena gelombang tinggi,,, saran lg photo narsis di kurangi biar kita bisa liat ke indahan alam nya,,,

    BalasHapus
  48. Thx ya saran ny..
    kebetulan ini lgi gelombang tinggi ..

    BalasHapus
  49. Thx ya saran ny..
    kbtulan ini lagi gelombang tinggi

    BalasHapus
  50. mbak nurul di kota baru ada paket pariwisatanya gak? saya di kotabaru maujalan2 tak tau harus keman, saya baru aja pindah dari kota sampit, ternyata disini banyak banget pemandangannya, kalo mbak ada info paketv wisata tolong infinya ya, 24eda499

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. Trima kasih mbak nurul untuk info nya, syaa kebetulan asli dari pulau kerayaan juga, tpi tinggal di jakarta. Dan kmren saya juga baru pulang dari sana. Buat temen2 yg suka backpacker. Wajib coba destinasi ke kotabaru dan pulau di sana.

    BalasHapus
  54. mbak auda bandara kota baru ke pusat kotanya jauh ndak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak fb nya apa?
      kita komunikasi lewat fb juga ya mbak yar lebih enak.

      Hapus
  55. insyaAllah saya mau kesana besok..kunjungan pertama, saya dari jawa timur mbak..jadi kalau bisa mohon bimbingannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya..
      Dalam rangka apa nih kekotabaru??

      Hapus
    2. dalam rangka pengambilan nmr tes ujian sama penyerahan berkas untuk cpnsd 2014 ini mbak..setelah saya baca tulisan-tulisan mbak saya jadi semakin bersemangat saja mau jadi orang kotabaru mbak..hehehehe

      Hapus
  56. Good job for nurul auda.. jasamu sangat berarti bagi kemajuan pariwisata kotabaru.. salute.!

    BalasHapus
  57. Sukses for nurul auda.. tetap berkarya yach demi memajukan Kotabaru... jempol buat nurul auda...

    BalasHapus
  58. Salam kenal. Saya adi. Baru ditugaskan di Kotabaru 1 bulan, namun saya melihat potensi yang sangat besar, khususnya untuk mengembangkan olahraga scubadiving dan paralayang. Saya sudah berkenalan dengan beberapa teman di Kotabaru yang berminat. Pertanyaannya, apakah anda juga berminat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa paralayang...
      Berminat banget..
      lanjut via email ya.
      auda.nurul@yahoo co.id

      Hapus
    2. 1. sudah saya email;
      2. sore ini, rencana tiba di kotabaru;
      3. rupa rupanya kamu kenal sama ori ya?

      Hapus
    3. Udh cek email, blm msuk..
      auda.nurul@yahoo.co.id
      O iya, sm ori 1 sekolah waktu SMA dulu..

      Hapus
    4. Iyah udh cek email td pagi, udh msuk email ny.. besok sore kan yaa.. nnt insyaAllah klo gd halangan, kesana kok..

      Hapus
  59. mba auda kalau sekarang speedboat ke samber gelap budget nya brp ?dan kapasitas speedboat nya brp orang ?
    Mohon info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5 orang..
      Kmaren sih gak nginap 2jt, nginap 2,5jt.. nda tw skrng.. kek ny tetap aja

      Hapus
  60. kalo pulau kapak kecamatan pulau laut selatan kabupaten kotabaru ada apa aja ???
    mohon infonya auda
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah auda sendiri belum pernah ke pulau kapak.. jadi gag tw dsna tuh ada apa

      Hapus
  61. mba Auda, boleh izin ambil fotonya enggak buat referensi Galeri Kotabaru Pulau Laut (www.kotabaru.16mb.com) .... soalnya fotonya keren keren, kalau boleh izin comot, sekalian juga kl ada foto yg lain yg lebih seru bisa mbk Auda posting / upload di web kita, terimakasih ya.....!

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo kalo mo di comot..
      bisa liat dipostingan yang lain nya
      - surga nya pulau 9 kotabaru http://wisata-auda.blogspot.com/2014/06/jelajah-surga-nya-pulau-sembilan.htm
      - eksotis nya teluk tamiang dan tanjung kunyit http://wisata-auda.blogspot.com/2014/02/teluk-tamiangtanjung-kunyit-dan-pulau.html
      - untuk samber gelap belum bkin postingan nya :-D

      Hapus
  62. Selain tempat wisata di atas , ada gk tempat atau spot yang bagus buat foto2 atau kalau istilah orang kotabaru itu hunting . Tolong balas ya ka , ncexramones@gmail.com . Asli kotabaru

    BalasHapus
  63. Rasanya neh pernah ketemu di Angsana. Kalo kada salah waktu nunggu snorkling tanggal 01 Juni 2014 tadi.

    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaa iya tgl 1 juni td memang ke angsana :-D

      Hapus
  64. Mbak auda bisa minta nomer paman kapal buat ke samber gelap?

    BalasHapus
  65. mantep ni bisa jadi tujuan wisata berikutnya kebetulan aku punya keponakan di kotabaru sekalian mampirTips Hotel Murah

    BalasHapus
  66. mba auda salam kenal ya :)
    kapan lagi mba wisatanya...udah bertahun-tahun ngidam pengen wisata ke sana cuma selalu terbentur ama kerjaan, mumpung minggu depan long weekend niiih..sekalian nyari temen touring :)

    BalasHapus
  67. Mba eka_ lanjut sms/wa/line aja yaa.. 085350074715

    BalasHapus
  68. Tgl 2 juni 2015 ini saya mau dtg ke kotabaru....next trip nih,moga nemu view yg bagus utk yho pemotretan....i'm coming borneo_kotabaru....info yg bagus mba auda,hihihi g sabar utk sgra landing kesana \(^o^)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bs puas hunting foto selama dikotabaru..

      Hapus
    2. Aminnn ya robb,backpaker dr pulau sumatera menuju bandara kotabaru,wuihhh g sabar dg keramah tamahan di pulau kotabaru,pgn foto2 di siring laut juga...my trip my advanture #explore borneo_kotabaru \(^o^)/

      Hapus
    3. ^_^ moga jd betah di kotabaru entar..
      Kalo perlu info2 di kotabaru, auda siap membantu .. :-D

      Hapus
  69. mbak,, buat trip k samber gelap itu habisnya brp and ad guide tournya g??

    BalasHapus
  70. wow indah dan cantik pemandangannya...sy sering dengar nama kota ini...kalau mau ke kota ini harus landing di banjarmasin ? posisi sy di Bandung

    BalasHapus
  71. Kotabaru ternyata banyak tmpt yg bagus ya... next time bisa kita jalan jalan auda, saya dah 3 bulan tugas di kotabaru dan masih jarang kemana mana krn tak tau lokasi wisata yg oke,,

    BalasHapus
  72. kyknya masih ad yg blm mba, Pantai kecil di semenanjung ds gosong panjang, dkt PT.IBT Mekar Putih : http://fellgod.blogspot.co.id/2015/03/pantai-risalo-teluk-jagung.html

    berkunjung ya

    BalasHapus
  73. Assalamualaikum mba auda... kenalin dulu, saya yanti dr pulang pisau, kalteng. Tertarik dgn wisata pantai kab. Kotabaru. Saya berencana mengajak adik2 pramuka binaan saya utk melihat lngsung, teluk tamiang dan sekitarnya. Ada saran mba auda, krn rencananya kami naik angkutan umum. Jadi klo sampai di kota kami bisa cari angkatan selanjutnya kemana untuk sampai ke kec. Pulau laut utara td? Terimakasih.... boleh sarannya di kirim ke ririn.haryanti@gmail.com

    BalasHapus
  74. Aslm. mbak Nurul Auda....terima kasih atas info-nya via phone.

    InsyaAlloh saat saya confirm ke Kotabaru via darat dari Banjarmasin (atas saran mbak Auda), insyaAlloh nanti saya akan hubungi mbak Auda....lagi.

    Terima kasih sekali lagi atas informasinya.


    $alam,

    -Ricky-
    0813 9936 2874
    rwibowo74@gmail.com

    BalasHapus
  75. Ass.....mba nurul auda,kalo disarang tiung ada ga penginapan y yg dekat pantai,atau dipantai lain y yg ada penginapan/ resort y? Saya nanti ada rencana kekotabaru sama teman teman.terima kasih sebelum y saya ucapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. di sarang tiung ada cottage depan pantai. harga 1 cottage 200rb/day

      Hapus
  76. tank infonya auda.kira2 waktu 3hr cukup enggak buat keliling kota baru.soalnya liburan ni rencana mau bawa anak2 kesana

    BalasHapus
  77. cek hotel nya bila mau berkunjung ke sini ya

    http://travelraul.com

    BalasHapus
  78. mohon info untuk harga sama kontak person untuk nyewa kapal kesamber gelapnya

    rizalesmana37@gmail.com

    BalasHapus
  79. tempat yang indah,, terimakasih atas informasinya.
    maaf saya numpang sharing ya :D
    Photo Prewedding / Family photo sambil berlibur ke Bali ??
    Hanya Rp. 5.000.000
    Sudah termasuk :
    • Penjemputan dari bandara ngurah rai ke hotel tempat menginap
    • Menginap 2 malam 3 hari di hotel / bungalow (Kuta /Ubud/Sanur)
    • Photo prewedding (Art Centre Denpasar, Makan siang di restaurant kintamani, Toya bungkah dan Ubud)
    • Gratis 1 x tour mengunjungi objek wisata di Bali dan drop ke bandara ngurah rai (durasi 10 H)
    Silahkan hubungi kami di http://www.3daysphotography.com/
    Mobile : 081238128654
    Pin : 524E0631

    BalasHapus
  80. artikel yang sangat membantu rencana bulan juli ini saya ke kotabaru-pulau laut tempat keluarga sekalian nyoba yg mba sebutin tade, oi iya rencana lewat jalan darat bawa mobil sendiri dari balikpapan.

    BalasHapus
  81. salam achmad zailani.. syukur lah kalau artikel ini bisa jadi referensi liburan selama di kotabaru.. kebetulan saya juga orang balikpapan ^_^

    BalasHapus
  82. Klo mau sumber gelap dr bandara brp jam ya... Trus klo ke pusat kota brp jam??

    BalasHapus
  83. Ayo bergabung dan coba keberuntungan anda di ASLIBANDAR.NET Agen BandarQ, AGEN BANDARQ TERPERCAYA, AGEN BANDAR KIU, dengan menyediakan jenis permainan Poker, Bandar Q, Bandar Poker, Domino dan dapatkan bonus-bonus menarik untuk member baru dan member setia kami.

    -Minimal Deposit hanya Rp.20.000,
    -Minimal Withdraw hanya Rp.20.000,
    Dapatkan Bonus Referral senilai 20% dan Bonus Cashback 0.3% - 0.5% dengan dilayani oleh CS Online 24 jam yang ramah dan sopan.

    Ayo Daftarkan diri anda sekarang juga hanya di Aslibandar.net
    Untuk keterangan lebih lanjut anda bisa menghubungi contact kami dibawah ini :

    Pin BB : 2B3C34F4
    YM : Aslibandar_CS
    Skype : AsliBandar
    Telp : +855882388666
    FB : AsliBandar

    BalasHapus
  84. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  85. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  86. Indah sekali pemandangan pantai di pulau kota baru wisatayang layak direkomendasikan

    BalasHapus
  87. Apakah ada penginapan di Pulau Samber Gelap?

    BalasHapus